Hubungan Terpaan Media Ssosial Tiktok @Bandungpedia dengan Minat Mengunjungi Wisata Lokal

  • Dhea Yulyeta Afandi Putri Manajemen Komunikasi, Ilmu Komunikasi
  • Mochammad Rochim Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Terpaan media, Tiktok, Minat berkunjung

Abstract

Abstract. Media exposure has real results in influencing one's thoughts and actions. One of the impressions displayed by new media is information about local tourist attractions that are rarely known by the public, coupled with the increasing number of new media users, one of which is tiktok, which makes tiktok users have different reactions after get an information. @bandungpedia account that can provide additional information about many local tourist attractions that are expected to generate a desire to visit. This research was conducted to determine the relationship between @bandungpedia's tiktok media exposure to interest in visiting tourism in Bandung, Java. The theory used by the author is the S-O-R theory which bases the assumption that behavior change occurs depending on the quality of the stimulus (stimulus) that communicates with the organism and produces a response. The research method used in this study is quantitative with a correlational approach. Sampling using simple random sampling technique. The population in this study were followers of the @bandungpedia tiktok account, with the sampling technique using the slovin formula and the results obtained were 100 respondents. Data obtained through questionnaires were distributed to respondents. The measurement scale in this study is the ordinal scale. Test the validity and reliability test using the SPSS application, with the Cronbach test technique.The result of this study is that there is a relationship between Tiktok @bandungpedia's social media exposure and interest in visiting local tourism in the high relationship category, meaning that @bandungpedia's media exposure can make followers have an interest in visiting tourist attractions that have been reviewed.

Abstrak. Terpaan media memiliki hasil nyata dalam mempengaruhi pikiran dan tindakan seseorang salah satu tayangan yang ditampilkan oleh new media adalah informasi mengenai tempat wisata lokal yang jarang diketahui oleh masyarakat ditambah dengan semakin bayaknya pengguna new media salah satunya adalah tiktok membuat pengguna tiktok menjadi memiliki reaksi yang berbeda setelah mendapatkan sebuah informasi. Akun @bandungpedia yang dapat memberikan informasi tambahan mengenai banyak tempat wisata lokal yang diharapkan dapat menimbulkan keinginan untuk dikunjungi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan terpaan media tiktok @bandungpedia terhadap minat mengunjungi wisata di Bandung, Jawa . Teori yang digunakan oleh penulis adalah teori S-O-R yang mendasarkan asumsi yang mana perubahan perilaku terjadi tergantung kepada kualitas rangsangan (stimulus) yang berkomunikasi dengan organisme dan menghasilkan respon lalu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun tiktok @bandungpedia, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan hasil yang didapat sebesar 100 responden. Data yang didapat melalui kuesioner disebar ke responden. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan aplikasi SPSS, dengan teknik uji Cronbach. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Hubungan Terpaan Media Sosial Tiktok @bandungpedia dengan Minat Mengunjungi Wisata Lokal dalam kategoti hubungan yang tinggi, artinya bahwa terpaan media @bandungpedia bisa membuat pengikutnya memiliki minat berkunjung ketempat wisata yang sudah direview.

Published
2023-01-28