Hubungan Bauran Promosi Produk Perawatan Kulit dengan Loyalitas Konsumen

  • Maitsa Fauzia Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Anne Ratnasari Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Bauran Promosi, Loyalitas Konsumen, Instagram

Abstract

Abstract. 

The development of facial care products in this modern era has grown rapidly. Various kinds of products have been sold in the market at various prices. In this study, the authors use quantitative research methods with a correlational approach. This study aims to determine whether there is a relationship between the promotion mix of care products and consumer loyalty to the @zlotaofficial Instagram account. This study uses data collection techniques in the form of a questionnaire. The population in this study were active followers of the @zlotaofficial Instagram account who commented through Instagram photo posts on April 24, 2022. The researcher decided to use a simple random sampling technique to meet the specified criteria. The sample in this study was 80 respondents based on the results of the calculation of the slovin formula with the help of the SPSS application. The result of the correlation coefficient in the table is r of 0.561, meaning that the level of strength between the Promotional Mix (X) on Consumer Loyalty (Y) has a strong correlation. Then, the number r obtained has a positive variable relationship direction.

Abstrak.  Perkembangan produk perawatan wajah pada era modern seperti ini telah berkembang pesat. Berbagai macam produk telah dijual di pasaran dengan harga yang beraneka macamnya. Pada penelitian ini penulis menggunan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara bauran promosi produk perawatan dengan loyalitas konsumen terhadap akun Instagram @zlotaofficial. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu followers aktif dari akun Instagram @zlotaofficial yang berkomentar melalui postingan foto Instagram pada tanggal 24 April 2022. Peneliti memutuskan untuk menggunakan teknik simple random sampling untuk memenuhi kriteria yang ditentukan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 responden yang berdasarkan hasil perhitungan rumus slovin dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil uji korelasi pada penelitian ini, kekuatan antara advertising (X1) terhadap loyalitas konsumen (Y) memiliki korelasi hubungan yang ‘sedang’. Sedangkan kekuatan hubungan antara sales promotion (X2) dengan loyalitas konsumen (Y) memiliki korelasi hubungan yang ‘kuat’ dan pada variabel direct marketing (X3) terhadap loyalitas konsumen (Y) memiliki korelasi hubungan yang ‘kuat’ dan yang terakhir yaitu kekuatan antara bauran promosi (X) terhadap loyalitas konsumen (Y) memiliki korelasi dengan hubungan ‘kuat’ dan memiliki arah hubungan variabel yang positif.

Published
2023-01-28