Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Kedai Kopi @critoe_

  • Shahreyhan Adhiesa Manajemen Komunikasi
  • Raditya Pratama Putra Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Instagram

Abstract

Abstract. Currently the culinary business is experiencing very significant growth, one of which is in the city of Bandung. This can be seen from the increasing number of new restaurants and cafes opening in the city of Bandung. In addition to cafes, coffee shops are one part of the culinary industry that is in great demand today. With the development of this business, consumers are faced with many choices, therefore manufacturers are competing to attract the attention of consumers by providing the best possible service, and offering a diverse and varied menu. Critoe Coffee is a business engaged in the culinary industry, especially coffee shops. In running a business, each business actor certainly has different strategies and marketing communication activities. Critoe Coffee itself utilizes the digital marketing function in conducting marketing communications, namely through social media Instagram, where they are able to attract many consumers, and increase sales in the midst of a lot of the same business competition. This study aims to determine the packaging of sales promotion programs and messages, implement sales promotion programs, and the reasons for using Instagram as a sales promotion activity. This research uses qualitative research with a case study approach. In collecting data, the researcher used interview, observation, and documentation techniques. The results of the research obtained indicate that the sales promotion program implemented by Critoe Coffee on Instagram social media is effective, on target, and successful in increasing product and consumer sales. This is evidenced by the number of consumers who come to the place during the promotion program. Meanwhile, the obstacles faced by Critoe Coffee are the number of similar coffee shops that offer various kinds of sales promotions.

Abstrak. Saat ini bisnis kuliner mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan, salah satunya di kota Bandung. Hal itu bisa terlihat dari meningkatnya jumlah rumah makan maupun kafe baru yang buka di kota Bandung. Selain kafe, kedai kopi menjadi salah satu bagian dari industri kuliner yang banyak diminati saat ini. Dengan perkembangan bisnis tersebut, konsumen dihadapkan pada banyak pilihan oleh karena itu produsen berlomba-lomba menarik perhatian konsumen dengan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin, dan menawarkan menu yang beragam serta variatif. Critoe Coffee merupakan sebuah bisnis yang bergerak di industri kuliner khususnya coffee shop. Dalam menjalankan bisnis, setiap pelaku usaha tentu memiliki strategi serta kegiatan komunikasi pemasaran yang berbeda-beda. Critoe Coffee sendiri memanfaatkan fungsi pemasaran digital dalam melakukan komunikasi pemasaran yakni melalui media sosial Instagram, dimana mereka mampu memikat banyak konsumen, serta meningkatkan penjualan ditengah banyaknya persaingan bisnis yang sama. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengemasan program dan pesan promosi penjualan, mengimplementasikan program promosi penjualan, dan alasan menggunakan media Instagram sebagai kegiatan promosi penjualan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang didapat, menunjukkan bahwa program promosi penjualan yang diimplementasikan Critoe Coffee di media sosial instagram dikatakan berlangsung secara efektif, tepat sasaran, dan berhasil dalam meningkatkan penjualan produk dan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya konsumen yang datang ke tempat tersebut pada saat program promosi berlangsung. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh Critoe Coffee yakni banyaknya kedai kopi sejenis yang menawarkan berbagai macam jenis promosi penjualan.

Published
2023-01-27