Bauran Promosi Jasa Hotel

  • Cut Faradilla Dinda Wibowo Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Anne Ratnasari Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Bauran Promosi, Jasa, Hotel

Abstract

Abstract. Developments in the business world are increasingly advanced and broad, such as companies engaged in hospitality services. Grand Praba Bandar Hotel Lampung is one of the three-star hotels that embeds and has elements of the culture and history of Lampung Province. Grand Praba Hotel Bandar Lampung provides various kinds of quality services so that hotel guests can be satisfied with the services that have been provided. This study aims to determine the form of the promotion mix, the use of promotional media, obstacles in the hotel service promotion mix and efforts to overcome them, and to find out the reasons for applying the concept of "trust" in conducting promotions. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques in this study were conducted using interview and observation techniques. The subject of this research is the marketing division at Grand Praba Hotel. The results of the research, the promotion mix carried out, namely (1) The form of the service promotion mix used by Grand Praba Hotel Bandar Lampung, is personal selling and sales promotion, (2) The use of hotel services promotion media used are telephone, mail, radio, and brochures, (3) Barriers in the promotion mix of hotel services are promotional barriers. Efforts to overcome this by carrying out direct promotions to the intended target, such as making an offer to the intended targets, (4) The concept of trust carried out in promoting hotel services, namely providing satisfaction, the needs of hotel guests with quality services, and creating and maintaining harmonious relationships with hotel guests.

Abstrak. Perkembangan pada dunia bisnis semakin maju dan luas, seperti perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perhotelan. Hotel Grand Praba Bandar Lampung adalah salah satu hotel bintang tiga yang menyematkan dan memiliki unsur budaya dan sejarah Provinsi Lampung. Hotel Grand Praba Bandar Lampung menyediakan berbagai macam pelayanan jasa dengan kualitas yang berkualitas sehingga para tamu hotel dapat terpenuhi kepuasan layanan yang telah disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bauran promosi, penggunaan media promosi, hambatan dalam bauran promosi jasa hotel dan upaya mengatasinya, serta mengetahui alasan menerapkan konsep “kepercayaan” dalam melakukan promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini, yaitu divisi pemasaran pada Hotel Grand Praba. Hasil penelitian, bauran promosi yang dilakukan, yaitu (1) Bentuk bauran promosi jasa yang digunakan oleh Hotel Grand Praba Bandar Lampung, yaitu personal selling dan sales promotion, (2) Penggunaan media promosi jasa hotel yang digunakan, yaitu telepon, surat, radio, dan brosur, (3) Hambatan dalam bauran promosi jasa hotel, yaitu hambatan promosi. Upaya mengatasinya dengan melakukan promosi secara langsung ke target sasaran yang dituju, seperti memberikan penawaran kepada target sasaran yang dituju, (4) Konsep kepercayaan yang dilakukan dalam melakukan promosi jasa hotel, yaitu memberikan kepuasan, kebutuhan para tamu hotel dengan layanan jasa yang berkualitas, serta menciptakan dan menjaga hubungan yang harmonis dengan para tamu hotel.

Published
2023-01-28