Manajemen Media Stasiun Televisi Publik dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Siaran Digital

  • Luthfi Fauzan Kuswana Manajemen Komunikasi, Ilmu Komunikasi
  • Endri Listiani Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Lembaga Penyiaran Publik, TVRI Jawa Barat, Siaran Digital

Abstract

Abstract. The fulfillment of information on elements of society is this important thing that makes the media very much needed to fulfill this, the presence of mass media does not escape the fulfillment of information needs in society and the development of mass media. Ease of access in the community is a big role of media that is easy to access, namely television which is a tool that can display audio-visual information, many elements of society like to access information and entertainment. In migrating from analog to digital broadcasts TVRI West Java made changes in Media Management in order to maintain its existence in society in the era of digital broadcasting, this made the author interested in making observations regarding the media management of TVRI West Java which changed ways by looking at the effectiveness and impact of media management. The case study method is considered appropriate for this research because researchers are trying to describe how TVRI West Java media management is in preparation for the digital broadcast era in maintaining its existence as a local television in West Java. Data collection is carried out by interviews, observations, documentation and literature. Data analysis is carried out using three stages, namely data reduction, data display, and drawing conclusions. The subject of this study with informants is parties who are in the program and new media content section or as parties who manage programs and sub-divisions of TVRI West Java social media management. The management of TVRI West Java in facing the digital broadcast era has not made too many changes, changes have only occurred in the adjustment of several divisions to support the demands of competition in the digital broadcast era. In its media management in this digital broadcast era, increasing reputation and existence is one of the main focuses. Social media owned by TVRI West Java has begun to be activated and used to improve its reputation by improving quality and utilizing the carrying capacity in the form of tools and capacity building programs carried out to improve the quality of human resources in TVRI West Java.

Abstrak. Pemenuhan informasi pada elemen masyarakat merupakan hal yang penting ini yang membuat media sangat dibutuhkan untuk memenuhi hal tersebut, hadirnya media massa tidak luput dari pemenuhan kebutuhan informasi di masyarakat serta perkembangan media massa. Kemudahan akses di masyarakat merupakan peran besar media yang  mudah di akses yaitu televisi yang merupakan sebuah alat yang dapat menayangkan informasi audio visual, banyak elemen masyarakat yang gemar untuk mengakses informasi serta hiburan. Dalam migrasi dari siaran analog ke digital TVRI Jawa Barat melakukan perubahan Manajemen Media agar dapat mempertahankan eksistensinya di masyarakat pada era siaran digital, hal ini membuat penulis tertarik melakukan observasi perihal manajemen media TVRI Jawa Barat yang melakukan perubahan cara dengan melihat efektivitas dan dampak dari manajemen media tersebut. Metode studi kasus dianggap tepat untuk penelitian ini karena peneliti berusaha menggambarkan bagaimana manajemen media TVRI Jawa Barat dalam persiapan menuju era siaran digital dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal di Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan literatur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini dengan informan ialah pihak yang berada di bagian program dan konten media baru atau sebagai pihak yang mengelola program dan sub divisi pengelola media sosial TVRI Jabar. Manajemen TVRI Jawa Barat dalam menghadapi era siaran digital ini tidak terlalu banyak melakukan perubahan, perubahan hanya terjadi dalam penyesuaian beberapa divisi guna menunjang tuntutan persaingan pada era siaran digital. Pada manajemen medianya di era siaran digital ini peningkatan reputasi dan eksistensi menjadi salah satu fokus utama. Media sosial yang dimiliki oleh TVRI Jabar sudah mulai diaktivasi serta dimanfaatkan untuk meningkatkan reputasinya dengan meningkatkan kualitas serta memanfaatkan daya dukung berupa alat dan program pembangunan kapasitas yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di TVRI Jawa Barat.

Published
2023-01-27