Fenomena Komunikasi Interpersonal pada Pertemanan Secara Anonim di Media Sosial

  • Fazar Kabisar Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Anne Maryani
Keywords: Twitter, Komunikasi Interpersonal, Anonim

Abstract

Abstract. At this digital age, humans can make their various needs in various ways. Rapid technological advances continue to make humans have various sources of adequate information. Interactions that occur on the Internet anonymously are often encountered from various media, for example Twitter. In Twitter itself, there are many anonymous accounts that carry out interpersonal communication with other anonymous accounts. Not infrequently also when they have a bond of friendship even if just chatting without knowing each other's identity. This study aims to determine the motives for using anonymous accounts on Twitter media, and also to find out what kind of interactions occur between anonymous account users on Twitter media, so as to find out what benefits are obtained in using the anonymous account. This study uses a qualitative method with Virtual Ethnography, that means research that make ethnographers to participate as observers, either openly or secretly to observe what is happening in virtual community spaces. The researcher uses a descriptive approach to examine anonymous account users on Twitter who follow “Convomf” accounts. The object of this research is the “Convomf” account as a social base account on Twitter media. While the subjects involved were four people who were selected based on a purposive technique, with three main informants and one supporting informants. The results of the study found three motives for creating anonymous accounts, namely security needs, love needs and self-actualization needs, in which each anonymous account performs interpersonal communication indirectly, and gets many benefits from using anonymous accounts for himself.

Abstrak. Dalam era digital sekarang ini manusia dapat memenuhi berbagai kebetuhan mereka dengan berbagai cara. Kemajuan teknologi yang pesat terus membuat manusia memiliki berbagai sumber informasi yang memadai. Interaksi yang terjadi di Internet secara anonim-pun tak jarang kita jumpai dari berbagai media, contohnya Twitter. Dalam Twitter sendiri sudah banyak akun anonim yang melakukan interpersonal komunikasi kepada akun anonim lainnya. Tidak jarang juga bila mereka memiliki ikatan pertemanan walau hanya sekedar ngobrol tanpa mengetahui identitas masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dalam penggunaan akun anonim di media Twitter, Dan juga mengetahui interaksi seperti apa yang terjadi antar pengguna akun anonim di media Twitter, sehingga mengetahui manfaat apa yang didapat dalam penggunaan akun anonim tersebut. Penelitian ini menggunakan Kualitatif dengan metode Etnografi Virtual, yakni penelitian yang melibatkan etnografer untuk berpartisipasi sebagai pengamat, baik secara terang-terangan atau diam-diam untuk mengamati apa yang terjadi dalam ruang komunitas virtual. Peneliti menggunakan pendekatan secara deskriptif untuk meneliti kepada para pengguna akun anonim di Twitter yang memfollow akun “Convomf”. Objek dalam penelitian ini adalah akun “Convomf” sebagai akun base sosial di media Twitter. Sedangkan subjek yang dilibatkan berjumlah empat orang yang dibilih berdasarkan teknik purposive, dengan tiga orang informan utama dan satu orang informan pendukung. Hasil dari penelitian adalah ditemukannya tiga motif dalam membuat akun anonim yaitu kebutuhan keamanan, kebutuhan cinta dan kebutuhan aktualisasi diri, yang dimana setiap akun anonim melakukan komunikasi interpersonal secara tidak langsung, dan mendapatkan banyak manfaat dalam penggunaan akun anonim pada dirinya.

Published
2023-01-27