Fitur Mention Confess Pada Kalangan Fans NCT

  • Elvira Sabila Habibullah Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Indri Rachmawati Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: twitter, Mention Confess, pesan

Abstract

Abstract. Twitter is a popular social media among K-Pop fans. In the period July 2020-June 2021 there were 7.5 billion tweets about K-Pop. The interest in K-Pop music makes fans want the latest information about their idols. Therefore, they form a fanbase (fandom base) which is used to obtain information and interact. Fandom bases generally use admins to share the latest information, but in this study information was uploaded automaticly using the mention confess feature which allows fans to become communicators and communicants. The purpose of this study is to determine the use of the mention confess feature carried out by followers on @nctzenbase accounts. The theory used is Computer Mediated Communication. This research paradigm uses constructivism with a quality method and a case study approach. The subjects of this study are owners, admins and followers of @nctzenbase accounts. Data collection techniques use interviews, observations, and documentation. The data analysis technique uses data analysis according to John W. Creswell. Test the validity of the data using source triangulation and engineering triangulation. The results showed that the use of the mention confess bot feature was put to good use by followers to share information and interact. This is shown by finding 12 categories of messages including Voting, Streaming and Comeback, Schedule, Update and Hype, Content and Projects, Reminders, Sharing, Trading, Buying and Selling, games, entertainment, and making friends.

Abstrak. Twitter merupakan media sosial yang populer di kalangan penggemar musik K-Pop. Pada periode Juli 2020-Juni 2021 terdapat 7,5 milyar tweet tentang K-Pop. Adanya ketertarikan terhadap musik K-Pop membuat penggemar menginginkan informasi terbaru mengenai idola mereka. Maka dari itu mereka membentuk fanbase (fandom base) yang dimanfaatkan untuk memperoleh informasi dan berinteraksi. Fandom base umumnya menggunakan admin untuk berbagi informasi terbaru, namun pada penelitian ini informasi diunggah secara otomatis menggunakan fitur mention confess yang memungkinkan penggemar menjadi komunikator dan komunikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan fitur mention confess yang dilakukan oleh followers pada akun @nctzenbase. Teori yang digunakan adalah Computer Mediated Communication. Paradigma penelitian ini menggunakan konstruktivisme dengan metode kualitataif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah owner, admin dan followers akun @nctzenbase. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data menurut John W. Creswell. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan fitur bot mention confess dimanfaatkan dengan baik oleh followers untuk berbagi informasi dan berinteraksi. Hal ini ditunjukkan dengan ditemukan 12 kategori pesan diantaranya Voting, Streaming dan Comeback, Schedule, Update dan Hype, Konten dan Project, Reminder, Sharing Trading, Jual Beli, games, hiburan, dan mencari teman.

Published
2023-01-25