Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Event

  • Salma Nurrul Fazrin Manajemen Komunikasi
  • Indri Rachmawati Manajemen Komunikasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Event, Strategi

Abstract

Abstract. PT Grab Sukabumi held an event to improve and maintain Grab's online motorcycle taxi services. The event organized by Grab Sukabumi is the Grab Sukabumi Branding Event where this event is a Local Festival involving MSMEs and Grab partners. The purpose of this study is to find out the management carried out by Grab Sukabumi in carrying out marketing communication strategies through events. In this study, the method used was descriptive with qualitative data using interview, observation, and documentation data collection techniques. Based on the results of the study, Grab Sukabumi in organizing the Grab Sukabumi Branding Event has indicators obtained from an event. First, Grab Sukabumi held the event virtually or online. Secondly, Grab Sukabumi is a service that is responsible for increasing the income of MSMEs and  Grab drivers. Third, intangibility, Grab in its implementation of the event made the virtual theme interesting. The four atmospheres and services, with the online event,  the atmosphere received by the target will be different, but the services carried out by Grab will remain the same as events held offline. Fifth, personal interaction, personal interaction at this event can be well received between the individuals involved. This indicates that the communication carried out is successful and effective.

Abstrak. PT Grab Sukabumi menyelenggarakna sebuah event untuk meningkatkan dan mempertahankan layanan ojek online mitra Grab. Event yang diselenggarakan oleh Grab Sukabumi ini yaitu Event Branding Grab Sukabumi yang dimana event ini merupakan sebuah Festival Lokal dengan melibatkan UMKM serta mitra Grab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen yang dilakukan Grab Sukabumi dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui event. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan data kualitatif yang menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Grab Sukabumi dalam menyelenggarakan Event Branding Grab Sukabumi ini memiliki indikator yang didapat dari sebuah event. Pertama keunikan, Grab Sukabumi menyelenggarakan event tersebut melalui virtual atau online. Kedua perishability, Grab Sukabumi merupakan jasa yang bertanggung jawab untuk dapat meningkatkan pendapatan UMKM dan driver Grab. Ketiga intangibility, pihak Grab dalam pelaksaannya event tersebut membuat tema virtual dengan menarik. Keempat suasana dan pelayanan, dengan diselenggarakannya event secara online suasana yang diterima oleh target akan berbeda, tetapi pelayanan yang dilakukan oleh pihak Grab akan tetap sama seperti event yang diselenggarakan secar offline. Kelima interaksi personal, interaksi personal pada event ini dapat diterima secara baik antar individu yang terlibat. Hal ini menandakan bahwa komunikasi yang dilakukan berhasil dan efektif.

Published
2022-08-06