Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Keterbukaan Diri Penggemar K-pop

  • Azizatul Karimah Ilmu Komunikasi
  • Yulianti Ilmu Komunikasi
Keywords: Pengaruh, Media Sosial, Twitter

Abstract

Abstract. Twitter is a social media that facilitates its users to provide information about themselves or their experiences openly and freely through what they write in tweets. With the ease and high consumption of this media can trigger the emergence of an interpersonal communication in the form of a process of self-disclosure to others or vice versa. Currently, self-disclosure among k-pop fans tends to use Twitter as a social media. This study was conducted to determine whether there is an influence between the use of social media Twitter on self-disclosure. The theory in this study is the theory of new media and the theory of self-disclosure proposed by Joseph Luth and Harry called the Johari window. The method used is quantitative with a correlational approach. The sampling technique in this study used simple random sampling using the Taro Yamane formula. The data processing technique used descriptive analysis and simple regression analysis through IBM SPSS software version 25. The data collection technique used an online questionnaire which was distributed to 417 respondents who are followers of the @Blink_OFCINDO twitter account with the help of google forms. The results of the study show that the use of Twitter social media affects the self-disclosure of k-pop fans.

Abstrak. Twitter merupakan media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk memberikan informasi mengenai diri sendiri atau pengalaman yang pernah di alaminya secara terbuka dan bebas melalui apa yang mereka tulis di tweets. Dengan kemudahan dan tingginya konsumsi media ini bisa memicu timbulnya sebuah komunikasi interpersonal berupa proses keterbukaan diri kepada orang lain atau sebaliknya. Saat ini Keterbukaan diri dikalangan penggemar k-pop cenderung menggunakan media sosial twitter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh antara penggunaan media sosial twitter terhadap keterbukaan diri. Teori pada penelitian ini adalah teori new media dan teori keterbukaan diri yang dikemukakan oleh Joseph Luth dan Harry yang disebut dengan Johari window. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana melalui sofware IBM SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 417 responden yang merupakan followers dari akun twitter @Blink_OFCINDO dengan bantuan google form. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial twitter berpengaruh terhadap keterbukaan diri penggemar k-pop.

Published
2022-08-06