Daya Tarik Visual Pada Konten Instagram @transstudiobandung Untuk Menarik Minat Kunjungan Followers

  • Nadhilah Aditaputri Manajemen Komunikasi
  • Indri Rahmawati Manajemen Komunikasi
Keywords: Konten Instagram, Komunikasi Pemasaran, Minat Berkunjung

Abstract

Abstract. This study aims to determine whether there is a relationship between Instagram content in promoting tourism and visitor interest in traveling. The theories that support this research include Marketing Communication, New Media Theory, Social Media, Instagram, Instagram Content, AISAS Theory, Promotion, Tourism, and Visiting Interests. This research uses quantitative methods. The population in this study is the followers of the Instagram account @transstudiobandung as many as 175,000 people. Slovin's formula was used to determine the sample so that a sample of 100 people was obtained. The sampling technique in this study used random sampling. The data processing technique used descriptive analysis and inferential analysis (Rank Spearman) through SPSS software. The results of this study state that there is a relationship between Instagram content and AISAS theory that visitors' interest in traveling has a relationship, the correlation result is 0.660, there is a significant relationship between promotional content and followers' interest in visiting followers, meaning that the effect given by an Instagram content post is in the form of a response like a sign. likes, comments, and also based on the results of interviews with TSB creators, they stated that from the results of a routine survey conducted by TSB, it was stated that around 20% of TSB visitors were Instagram followers @transstudiobandung, which is related to whether or not followers are interested in visiting TSB.

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan Konten Instagram Trans Studio Bandung Dalam Mempromosikan Wisata Dengan Minat Pengunjung Untuk Berwisata (Studi Korelasional Pada Followers Akun Instagram @transstudiobandung)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konten instagram dalam mempromosikan wisata terhadap minat pengunjung untuk berwisata. Teori yang menjadi pendukung dalam penelitian ini antara lain mengenai konten instagram dan teori AISAS Minat Berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @transstudiobandung sebanyak 190.000 orang. Penentuan sampel digunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling. Teknik pengolah data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (Rank Spearman) melalui software SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara konten instagram terhadap teori AISAS minat pengunjung untuk berwisata terdapat hubungan, didapatkan hasil korelasinya 0,660 terdapat hubungan yang signifikan antara konten promosi dengan minat berkunjung followers artinya adalah efek yang diberikan oleh sebuah postingan konten instagram berupa respon seperti tanda likes, komentar, dan juga berdasarkan hasil wawancara kepada creator TSB mereka menyatakan bahwa dari hasil survey yang rutin dilakukan oleh pihak TSB menyebutkan bahwa sekitar 20% pengunjung TSB merupakan followers instagram @transstudiobandung memiliki hubungan dengan berminat atau tidaknya followers berkunjung ke TSB.

Published
2022-08-06