Personal Selling dalam Memasarkan Jasa Angkutan

  • Qisthina Khoirun Nissa Ilmu Komunikasi
  • Anne Ratnasari Manajemen Komunikasi
Keywords: Personal selling, Jasa Angkutan, CV. Sutra Jaya

Abstract

Abstract. To survive in today's highly competitive business environment, every organization must continuously improve its performance. Corporations are not only able to produce competitive services based on consumer demand and needs, but also encourage effective contact with certain parties, especially consumers. Communication run by CV. Sutra Jaya is marketing communication with personal selling in marketing transportation services. This study aims to determine the form of personal selling, stages of personal selling, barriers and efforts, the communication media used and the reasons for CV. Sutra Jaya emphasizes the concept of customer satisfaction. The research method used in this study is a constructivist paradigm, with a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques in this study were carried out using interview, observation, and documentation techniques. Using triangulation of sources and informants taken in this study is the director of CV. Sutra Jaya, CV's marketing team. Sutra Jaya and consumer logistics division. The results of this study indicate that 1) The forms of personal selling used include field selling, retail selling and executive selling, 2) The steps involved include selecting prospective customers, studying potential customers, approaches, presentations, overcoming objections, closing and follow-up, 3) Barriers include the lack of communication between the marketing team and the logistics team, slow communication responses via email, damaged consumer goods and business competition. The efforts made include improving communication between the marketing team and the logistics team, improving communication via WhatsApp, negotiating and providing guarantees, 4) The communication media used include WhatsApp and email, 5) The reasons for consumer satisfaction are so that consumer trust and consumer loyalty occurs.

Abstrak. Untuk bertahan dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, setiap organisasi harus terus meningkatkan kinerjanya. Korporasi tidak hanya mampu menghasilkan jasa yang kompetitif berdasarkan permintaan dan kebutuhan konsumen, tetapi juga mendorong kontak yang efektif dengan pihak-pihak tertentu, khususnya konsumen. Komunikasi yang dijalankan CV. Sutra Jaya adalah komunikasi pemasaran dengan personal selling dalam memasarkan jasa angkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk personal selling, tahapan personal selling, hambatan dan upaya, media komunikasi yang digunakan serta alasan CV. Sutra Jaya mementingkan konsep kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis, dengan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan triangulasi sumber dan informan yang diambil dalam penelitian ini merupakan direktur CV. Sutra Jaya, tim pemasaran CV. Sutra Jaya dan divisi logistik konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Bentuk personal selling yang digunakan meliputi field selling, retail selling dan executive selling, 2) Tahapan yang dilakukan meliputi memilih calon konsumen, mempelajari calon konsumen, pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan, penutup dan tindak lanjut, 3) Hambatan meliputi kurangnya komunikasi antara tim pemasaran dan tim logistik, lambatnya tanggapan komunikasi melalui email, adanya barang konsumen yang rusak dan persaingan usaha. Adapun upaya yang dilakukan meliputi meningkatkan komunikasi antara tim pemasaran dan tim logistik, meningkatkan komunikasi melalui WhatsApp, negosiasi dan memberikan jaminan, 4) Media komunikasi yang digunakan meliputi WhatsApp dan email, 5) Alasan kepuasan konsumen agar terjadinya kepercayaan konsumen dan loyalitas konsumen.

Published
2022-08-06