The Hubungan Antara Bauran Promosi dengan Loyalitas Konsumen

  • Maulana Septian Andika Universitas Islam Bandung
  • Anne Ratnasari
Keywords: Bauran Promosi, Promosi Penjualan, Iklan

Abstract

Abstract. Promotional activities carried out by the company will be able to strive for an increase in sales such as encouraging consumers to buy the products offered because the promotion aims to inform about the product, attract consumer or customer interest, and remind consumers about the products needed. The formulation of this research is as follows: (1) How is the relationship between advertising and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung? (2) How is the relationship between sales promotion and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung? (3) How is the relationship between word of mouth and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung? (4) How is the relationship between the promotion mix with consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung?. The method used in this research is a survey, this type of research includes correlational research. The population in this study is Starbucks PVJ Bandung consumers. The sampling technique used is probability sampling with a simple random technique. The research sample is 100 consumers. Data collection techniques using a questionnaire/questionnaire, interviews and documentation. Data analysis technique using Spearman rank. The results showed that: (1) There is a relationship between advertising and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung which is included in the strong category; (2) There is a relationship between sales promotion and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung which is included in the strong category; (3) There is a relationship between word of mouth and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung which is included in the strong category; (4) There is a relationship between the promotion mix and consumer loyalty Starbucks PVJ Bandung which is included in the very strong category

Abstrak. Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan akan dapat mengupayakan untuk terjadinya peningkatan penjualan seperti mendorong konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan karena promosi bertujuan untuk menginformasikan mengenai produk, menarik minat konsumen atau pelanggan, serta mengingatkan konsumen mengenai produk yang dibutuhkan. Rumusan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana hubungan antara iklan dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung? (2) Bagaimana hubungan antara promosi penjualan dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung? (3) Bagaiman hubungan antara word of mouth dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung? (4) Bagaimana hubungan antara bauran promosi dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbuck PVJ Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan probability sampling dengan teknik simple random. Sampel penelitian sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara promosi penjualan dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung yang termasuk kategori kuat; (2) Terdapat hubungan antara iklan dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung yang termasuk kategori kuat; (3) Terdapat hubungan antara word of mouth dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung yang termasuk kategori kuat; (4) Terdapat hubungan antara bauran promosi dengan loyalitas konsumen Starbucks PVJ Bandung yang termasuk kategori sangat kuat .

Published
2022-08-06