Pengaruh logo puma di kostum Manchester City Terhadap Kesadaran Merek

  • Naufal Althaf Ibrahim Manajemen Komunikasi
  • zulfebriges Manajemen Komunikasi
Keywords: New Media, Komunikasi, Logo

Abstract

Abstract. Communication is important as well as being a differentiator to provide information about the company and something that the company gives to consumers in the form of communication, communication requires media in order to convey the information and the company's purpose of the brand. The media that is currently used by the entire community is Instagram social media. Instagram social media is also one of the competitiveness for companies that want to increase awareness of the audience or consumers, where by providing interesting things and differentiating from other brands will increase brand awareness of the company's brand such as images and colors that attract the attention of the audience and clear communication so that it can be easily digested by the audience who sees it. @MCSCI_Bandung is an Instagram account for English club Manchster City fans who live in Bandung and are the object of research on the influence of the Puma logo on brand awareness on followers of the Instagram account @MCSCI_Bandung. Therefore, the writer wants to know whether communication on Instagram social media regarding brand awareness in the Puma company which includes Original and Distinctive, Legible, Simple, Memorable, Easily associated with the company and Easily adaptable for all graphics can influence brand awareness. Based on these problems, this research is intended to find out how the influence of the Puma logo on the Manchester City costume on brand awareness on followers of the @MCSCI_Bandung Instagram account. By using the independent variable logo by covering several considerations according to David E Carter, and the dependent variable is brand awareness. This research method uses a quantitative method with a simple linear regression approach, the sample of this research is 100 with the sampling technique using the sample table size in simple linear regression. This study also uses new media theory to test how much influence the logo variable has on the brand awareness variable in Manchester City costumes The results of this study which were analyzed using simple linear regression analysis showed that the influence of the Puma logo on the Manchester City costume had a significant effect on brand awareness on followers of the @MCSCI_Bandung Instagram account, according to the results of the questionnaire that the researchers obtained on the decision criteria for the validity test that if rs > 0.30, then the questionnaire question is valid, and this study has more than 0.40 which is stated that the question item given to the respondent is Keywords: New Media, Communication, Instagram, Logo, Brand Awareness

Abstrak. Komunikasi menjadi hal penting serta menjadi hal pembeda untuk memberikan informasi mengenai perusahaan dan sesuatu yang diberikan perusahaan kepada konsumen dalam bentuk komunikasi, komunikasi membutuhkan media agar dapat menyampaikan informasinya dan tujuan dari perusahaan dari merek tersebut. Media yang saat ini sering digunakan oleh seluruh masyarakat yaitu media sosial Instagram. Pada media sosial Instagram ini menjaddi salah satu daya saing juga untuk para perusahaan yang ingin meningkatkan awareness terhadap khalayak atau konsumen, dimana dengan cara memberikan hal menarik dan pembeda dari merek lain akan meningkatkan kesadaran merek terhadap merek perusahaan seperti gambar dan warna yang menarik perhatian khalayak serta komunikasi yang jelas sehingga dapat dicerna dengan mudah oleh khayalak yang melihatnya. @MCSCI_Bandung merupakan akun Instagram penggemar club Inggris Manchster City yang berdomisili di Bandung dan menjadi objek penelitian pengaruh logo puma terhadap kesadaran merek di followers akun Instagram @MCSCI_Bandung. Maka dari itu penulis ingin mengetahui apakah komunikasi dalam media sosial Instagram mengenai kesadaran merek pada perusahaan puma yang meliputi Original and Distinctive, Legible, Simple, Memorable, Easily ascociated with company dan Easily adaoptable for all graphic ini dapat pempengaruhi kesadaran merek. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh logo puma pada kostum Manchester City terhadap kesadaran merek pada followers akun Instagram @MCSCI_Bandung. Dengan menggunakan variabel bebas logo dengan mencakup beberapa pertimbangan menurut David E Carter, dan variabel terikattnya yaitu Kesadaran merek. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantiatif dengan pendekatan regresi linear sederhana, sampel penelitian ini sebanyak 100 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tabel sampel size in simple linear regression. penelitian ini juga menggunakan teori new media untuk menguji seberapa pengaruh variabel logo terhadap variabel kesadaran merek di kostum Manchester City Hasil dari penelitian ini yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana memperlihatkan bahwa pengaruh logo puma di kostum Manchester City memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keesadaran merek pada followers akun Instagram @MCSCI_Bandung, sesuai dengan hasil kuesioner yang peneliti dapat pada kriteria keputusan uji validitas bahwa jika rs > 0.30, maka pertanyaan kuesioner adalah valid, dan penelitian ini memiliki lebih dari 0.40 yang dinyatatakan bahwa item pertanyaan yang diberikan kepada responden adalah valid

Published
2022-08-06