Pesan Pariwisata Pada Aplikasi Instagram Tentang Objek Wisata Situ Cileunca Pangalengan

  • Muhammad Rizqan Alfarisi manajemen komunikasi fakultas ilmu komunikasi
  • Aning Sofyan Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: analisis konten, instagram, pesan

Abstract

Abstract. The dissemination of tourism message information was limited to minimize the spread of COVID-19, starting to gradually return to normal since the COVID-19 PPKM was relaxed by the government. The spread of tourism messages with technology and the internet will help and facilitate the tourism message to be more easily conveyed, using Instagram to create content easily, including tourism content uploaded by @wisatapangalengan accounts which contain various tourism content in Situ Cileunca Pangalengan. This study aims to find out the appearance of the account, the form of tourism messages, comments and interactions that occur in the comment section and the reasons for using Instagram for @wisatapangalengan accounts. This research uses a Qualitative method with a Content Analysis approach, the data used is the upload of an Instagram account @wisatapangalengan which has been selected by researchers according to categories. Collect data by means of Observation, Documentation and Interviews. The research will be conducted within june 2022. The results of the first study, the tourism message, studied have a persuasive message, Second, the comments and interactions is in the form of an Informative message and discussion, Third, the account display @wisatapangalengan provide important information for the introduction of accounts, tourism services and services provided. Fourth, The reason for using Instagram is that @wisatapangalengan account grows rapidly in many aspects and generates many benefits compared to other applications.

Abstrak. Penyebaran informasi pesan pariwisata sempat terbatas untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19 mulai berangsur kembali seperti semula semenjak PPKM COVID-19 dilonggarkan oleh pemerintah. Penyebaran pesan pariwisata dengan teknologi dan internet akan membantu dan memudahkan pesan pariwisata tersebut lebih mudah tersampaikan, menggunakan Instagram untuk menciptakan konten dengan mudah, tak terkecuali konten pariwisata yang diunggah oleh akun @wisatapangalengan yang berisi berbagai konten pariwisata di Situ Cileunca Pangalengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tampilan akun, mengetahui bentuk pesan pariwisata, komentar dan interaksi yang terjadi di kolom komentar unggahan akun dan mengetahui alasan menggunakan Instagram bagi akun @wisatapangalengan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Analisis Isi, data yang digunakan adalah unggahan akun Instagram @wisatapangalengan dalam waktu periode pertengahan tahun 2021 hingga sekarang yang sudah dipilih peneliti sesuai kategori. Mengumpulkan data dengan cara Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Penelitian dilakukan dalam waktu periode bulan Juni 2022.Hasil dari penelitian pertama, pesan pariwisata yang diteliti memiliki pesan persuasif, Kedua, komentar dan interaksi berbentuk Informatif, untuk memberikan keterangan fakta dan data dan diskusi, Ketiga, tampilan akun @wisatapangalengan memberikan informasi penting untuk pengenalan akun, layanan dan jasa pariwisata yang disediakan. Keempat, Alasan menggunakan Instagram adalah karena akun @wisatapangalengan berkembang pesat dan menghasilkan banyak manfaat dibanding aplikasi lain.

Published
2022-08-06