Strategi Komunikasi dalam Personal Selling PT. Mega Creative Promosindo untuk Meningkatkan Penjualan

Studi Kasus Pada Sales Indihome

  • Eka Awaliyah manajemen komunikasi fakultas ilmu komunikasi
  • Aning Sofyan Prodi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Peningkatan Penjualan

Abstract

Abstract. The development of the telecommunications field in Indonesia is currently accelerating very fast, due to PPKM activities carried out by the government in the last few years, community activities have shifted to the digital realm starting from school, work, and other activities. This is able to trigger an increase in sales felt by some companies engaged in the telecommunications sector, one of which is PT. Mega Creative Promosindo, ang is a company that is working under the auspices of PT. Telkom Indonesia. The theory used in this study is the Marketing Mix Theory proposed by Kotler and Keller (2016), the strategies studied are Personal Selling and Social Media Marketing activities. This research uses Qualitative research methods using the Sudi Case approach. The result of this study is an increase in sales carried out through personal selling activities and Social media marketing. Personal selling and social media marketing activities are carried out by sales to meet sales targets that have been set by the company, sales targets greatly affect the increase or decrease in company revenue, therefore, sales are required to be able to meet product sales targets.

Abstrak. Perkembangan bidang telekomunikasi di Indonesia saat ini melaju sangat cepat, akibat adanya kegiatan PPKM yang dilakukan oleh pemerintah beberapa tahun terahir, kegiatan masyarakat beralih ke ranah digital mulai dari sekolah, kerja, dan kegiatan lainnya. Hal ini mampu memicu peningkatan penjualan yang di rasakan oleh Sebagian perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, salah satunya PT. Mega Creative Promosindo, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bawah naungan PT. Telkom Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Bauran Pemasaran yang di kemukakan oleh Kotler dan Keller (2016), strategi yang di teliti yaitu kegiatan Personal Selling dan Sosial Media Marketing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Sudi Kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan penjualan yang dilakukan melalui kegiatan personal selling dan Sosial media marketing. Kegiatan personal selling dan sosial media marketing dilakukan oleh para sales untuk memenuhi target penjualan yang telah di tetetapkan oleh perusahaan, target penjualan sangat berpengaruh terhadap peningkatan ataupun penurunan pendapatan perusahaan, oleh karena itu, para sales di tuntut harus mampu memenuhi target penjualan produk.

Published
2022-08-06