Instagram Sebagai Media Komunikasi Content Creator dengan Followers

  • Valya Shabilla Ilmu komunikasi
  • Ike Junita Triwardhani Ilmu Komunikasi
Keywords: komunikasi, Instagram, Media baru

Abstract

Abstract. Cekhas.id is one of the many women's products produced locally in Bandung. Cekhas.id was created by young people who have used Instagram social media as their marketing communication medium. The thing that makes researchers interested is about the communication carried out by the Cekhas.id Content Creator in packaging messages to be conveyed to followers. The aims of this research are 1) to find out the messages used by content creators in communicating with followers, 2) to find out the obstacles that content creators face in Instagram social media, 3) to find out the reasons for using messages on Instagram Cekhas.id. In this study, researchers used the New Media theory with qualitative research methods and case study approaches. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. Then, the data analysis techniques used are data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. In the last process in this research, namely testing the validity of the data or the validity of the data through triangulation of sources. The results of this study are the messages used by content creators in communicating with followers through Instagram, which are two-way, making followers curious, and direct through the Live Instagram feature. In addition, there are obstacles that occur, namely Copy rights and a decrease in engagement rates. The reason for using messages on Instagram is because it has a broad scope, creates customer trust, provides online shopping features, and is more effective.

Abstrak. Cekhas.id adalah salah satu dari banyaknya produk wanita produksi lokal Bandung. Cekhas.id dibuat oleh anak muda yang telah menggunakan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasarannya. Hal yang membuat peneliti tertarik yaitu mengenai komunikasi yang dilakukan oleh Content Creator Cekhas.id dalam mengemas pesan untuk disampaikan kepada followers. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pesan yang digunakan oleh content creator dalam berkomunikasi dengan followers, 2) Untuk mengetahui hambatan yang tejadi oleh content creator dalam media sosial Instagram, 3) Untuk mengetahui alasan menggunakan pesan di Instagram Cekhas.id. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori New Media dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu, teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada proses terakhir dalam penelitian ini yaitu uji keabsahan data atau validitas data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah pesan yang digunakan oleh content creator dalam berkomunikasi dengan followers melalui Instagram yaitu bersifat dua arah, membuat penasaran followers, dan bersifat langsung melalui fitur Live Instagram. Selain itu, ada hambatan yang terjadi yaitu Copy right dan penurunan engagement rate. Alasan menggunakan pesan dalam Instagram yaitu karena memiliki cakupan yang luas, menimbulkan kepercayaan customer, menyediakan fitur-fitur pembelanjaan online, dan lebih efektif.

Published
2022-08-06