Hubungan Terpaan Tayangan Youtube Raditya Dika dengan Minat Belajar Finansial Komentator

  • Rofiq Rifansyah Ilmu Komunikasi
  • Zulfebriges Ilmu Komunikasi
Keywords: new media, Terpaan Tayangan, Youtube, Minat Belajar

Abstract

Abstract. Along with the development of an information and communication technology, then this is also followed easily and quickly that information is obtained so that a new media is formed. Youtube is a website that facilitates its users to share videos uploaded by various parties. The research "Relationship of Raditya Dika's Youtube Exposure Exposure with Commentators/Viewers' Interest in Financial Learning" has the aim of knowing the relationship between Raditya Dika's Youtube Exposure Exposure and the interest in learning of the commentators in the "Gimana Caranya Kaya" video. This research has two variables, namely Impression Exposure (X) and Learning Interest (Y). This research uses the S-O-R theory. The research will be conducted on ninety-seven commentators on the video “Gimana Caranya Kaya” The research method used is a quantitative correlation approach. The method of collecting data is by distributing online questionnaires. The analysis used in this research is Spearman Rank analysis. The results of this research show that exposure to YouTube media shows has a significant relationship with the learning interest of Raditya Dika's youtube commentators. This is because the commentators feel a desire to find more information to learn about finance after watching the youtube show "Gimana Caranya Kaya?"

Abstrak. Seiring dengan perkembangan sebuah teknologi informasi dan komunikasi, maka ini juga diikuti dengan mudah dan cepatnya sebuah informasi itu didapatkan sehingga terbentuklah sebuah media baru atau new media. Youtube merupaka sebuah website yang memfasilitasi penggunannya untuk berbagi video yang diunggah oleh berbagai pihak. Penelitian “Hubungan Terpaan Tayangan Youtube Raditya Dika Dengan Minat Belajar Finansial Komentator” ini memeliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara Terpaan Tayangn Youtube Raditya Dika dengan minat belajar para komentator di video “Gimana Caranya Kaya”. Penilitian ini memiliki dua variable yaitu Terpaan Tayangan (X) dan Minat belajar (Y). Peneilitian ini menggunakan teroi S-O-R. Penelitian akan dilakukan terhadap 97 komentator video “Gimana Caranya Kaya” Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan korelasi. Metode pengumpulan data dengan menyebar angket secara online. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Rank Spearman. Hasil dari penelitanini menunjukan bahwa terpaan tayangan media youtube memiliki hubungan yang cukup berarti  dengan minat belajar para komentator youtube Raditya Dika. Hal ini karena para koemntator merasakan adanya keinginan lebih dalam mencari informasi untuk belajar mengenai finansial setelah menonton tayangan youtube “Gimana Caranya Kaya?”.

Published
2022-08-06