Hubungan Promosi Penjualan Produk Fashion Muslim Dengan Keputusan Pembelian Followers

  • Kirana Nurfaiha Widya Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
  • Anne Ratnasari Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
Keywords: Promosi Penjualan, Price Discount, Bonuspack, Contest, Keputusan Pembelian

Abstract

Eleanorre is a local hijab brand from Bandung, West Java, which sells contemporary Muslim women's clothing. Eleanorre marketing her goods to many people through various marketplaces and social media. Instagram is a social media that Eleanorre relies on to develop its brand so that it is known to many people from outside Bandung. This is evident from the number of followers that reaches more than 26,000 on Instagram, this helps Eleanorre gain trust as a local hijab brand with good quality. The purpose of this study is to find out how the relationship between sales promotion of Muslim fashion products and buying decisions of followers. This research uses quantitative research methods, using a correlational study approach. This study uses active followers on the @eleanorre.id account. The data collection technique used is using a questionnaire. In this study using a sampling technique using simple random sampling (simple random sample). From the calculation of the slovin formula, there are 92 samples that must be taken. The data is processed using a Likert scale. Analysis of the data using the SPSS version 22 data application using the Pearson formula. The results of this study indicate that the sales promotion carried out by @eleanorre.id through price discounts, bonus packs, and contests has a positive and significant relationship with purchasing decisions. The relationship between the three variables, namely price discount, bonus pack, and contest, is in a strong relationship. So it can be concluded that there is a relationship between sales promotion of Muslim fashion products and buying decisions of followers, with a correlation test result of 0.879, which means that there is a positive relationship with a very strong level of relationship between sales promotion of Muslim fashion products and buying decisions of followers. Therefore, the researcher suggests to maintain or even increase the promotions that have been carried out so that eleanorre gets a high purchasing decision.

 

Eleanorre  merupakan brand local hijab asal Bandung Jawa Barat yang menjual pakaian  Muslim wanita kekinian. Eleanorre melakukan pemasaran barangnya ke banyak kalangan melewati berbagai macam marketplace dan media sosial. Instagram menjadi media sosial yang di andalkan eleanorre untuk mengembangkan brand nya hingga dikenal banyak masyarakat dari luar bandung.  Hal itu terbukti dari jumlah followers yang mencapai 26.000 lebih di instagram, ini membantu Eleanorre mendapatkan kepercayaan sebagai brand hijab lokal dengan kualitas yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan promosi penjualan produk fashion muslim dengan keputusan pembelian followers. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan studi korelasional. Penelitian ini menggunakan responden followers aktif di akun @eleanorre.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling (sampel acak sederhana). Dari perhitungan rumus slovin terdapat jumlah sampel yang harus diambil yaitu sebanyak 92 responden. Data diolah menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi data SPSS versi 22 dengan mengunakan rumus pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa promosi penjualan yang dilakukan oleh @eleanorre.id melalui price discount, bonus pack, dan contest memilihi hubungan yang positif dan signifikan dengan keputusan pembelian. Hubungan diantara ketiga variabel tersebut yaitu price discount, bonus pack, dan contest masuk pada hubungan yang kuat. Maka dapat disimpulkan hubungan antara promosi penjualan produk fashion muslim dengan keputusan pembelian followers, dengan hasil uji korelasi sebesar 0,879 yang artinya terdapat hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat kuat antara promosi penjualan produk fashion muslim dengan keputusan pembelian followers. Oleh karena itu, peneliti menyarankan untuk tetap mempertahankan atau justru meningkatkan promosi yang sudah dilakukan agar eleanorre mendapatkan keputusan pembelian yang tinggi.

Published
2022-08-06