Hubungan antara Penggunaan Aplikasi LYSN dengan Kedekatan Interpersonal Fans K-POP pada Boygroup NCT

Studi Korelasional pada Fanbase NCTZen Bandung

  • Kharisma Lutfiah Al Hanif Ilmu Komunikasi
  • Indri Rachmawati
Keywords: Media Sosial, Fans, Boygroup

Abstract

Abstract. LYSN is one of the social media created by Dear U and SM Entertainment to facilitate fans of SM Entertainment agency idols, one of which is NCT (Neo Culture Technology) so they can interact with fellow fans from around the world. However, in 2020 Dear U launched a feature called bubble that allows idols to send messages in the form of text, video or voice notes to fans with a live broadcast system where messages from the idol will be sent to all fans who subscribe to the bubble feature and choose the idol that they like. This feature also has the appearance that communication occurs in two directions and fans are allowed to reply to messages from idols, so this feature creates an experience of exchanging messages with idols directly. This study aims to determine whether the bubble feature that was launched made fans (NCTZen) feel closer to NCT members personally by using Parasocial Relationship Theory. In this study, researchers used correlational quantitative research methods. The population of the research respondents are fans of the NCT boy group who are members of the NCTZen Bandung fanbase. The sampling technique used the Slovin formula with an inaccuracy allowance of 5%. The results of this study indicate that there is a relationship between the use of the LYSN application and interpersonal closeness in NCTZen Bandung with a correlational test result of 0.582. The category of relationship is moderate, significant, positive and unidirectional. So it can be concluded that the more often someone uses the LYSN application, the better the interpersonal closeness that occurs between fans and the NCT.

Abstrak. Aplikasi LYSN merupakan salah satu media sosial yang dibuat oleh Dear U dan SM Enterainment untuk memfasilitasi para fans dari idol-idol agensi SM Entertainment, salah satunya NCT (Neo Culture Technology) agar dapat berinteraksi dengan sesama fans dari berbagai dunia. Namun, pada tahun 2020 Dear U meluncurkan fitur bubble yang memungkinkan para idol untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks, video ataupun voice note kepada fans dengan sistem live broadcast dimana pesan dari idol tersebut akan dikirimkan kepada seluruh fans yang berlangganan fitur bubble dan memilih idol yang disukai. Fitur tersebut juga mempunyai tampilan seolah-olah komunikasi terjadi secara dua arah dan fans diperbolehkan untuk membalas pesan dari idol, sehingga fitur ini menciptakan pengalaman bertukar pesan dengan idol secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fitur bubble yang diluncurkan tersebut membuat fans (NCTZen) merasa lebih dekat dan akrab dengan member NCT secara personal dengan menggunakan Teori Hubungan Parasosial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dari responden penelitian adalah penggemar boy group NCT yang tergabung kedalam fanbase NCTZen Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kelonggaran ketidaktelitian sebesar 5%. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi LYSN dengan kedekatan interpersonal yang ada pada NCTZen Bandung denganĀ  hasil uji korelasional sebesar 0.582. Kategori hubungan sedang, signifikan, positif dan searah. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin sering seseorang menggunakan aplikasi LYSN, maka semakin baik kedekatan interpesonal yang terjadi diantara penggemar dengan boy group NCT.

Published
2022-08-06