Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @infobandungraya terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

  • Nadya Nirmala Putri Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
  • Zulfebriges Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
Keywords: Penggunaan Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Internet

Abstract

abstract. With the development of information technology, the number of internet users is increasing day by day. Based on data, the purpose of Indonesians using the internet to find information, one of which is on the Instagram @Infobandungraya platform which contains information content in the form of photos or videos about the latest news in the Greater Bandung area. The purpose of this study was to determine the effect of Instagram social media on the fulfillment of information needs. The theory used in this study is the theory of Uses and Gratification, and information needs. The method used in this research is simple linear regression analysis which aims to find the effect of one variable with another variable. The data analysis technique used is descriptive analysis test, classical assumption test, simple linear regression test, t test, and coefficient of determination test through SPSS Version 25. Sampling in this study uses Probability Sampling with Simple Random Sampling. The population in this study was 557 followers comments in the @Infobandungraya Instagram account posts which had been randomly selected, then the research sample was taken as many as 100 respondents using a simple size in simple linear regression table using data analysis distributed in the form of a questionnaire filled out via google form to followers. who actively commented on the post of the Instagram account @infobandungraya. Researchers focus on the use of social media in terms of context, communication, collaboration and connection. The results of this study indicate a significant influence between the use of social media Instagram account @infobandungraya on the fulfillment of information needs supported by other factors such as context, communication, collaboration and connection.

Abstrak. Dengan berjalannya perkembangan teknologi informasi jumlah pengguna internet semakin hari semakin meningkat. Berdasarkan data, tujuan orang Indonesia menggunakan internet untuk menemukan informasi, salah satunya pada platform Instagram @Infobandungraya yang berisi konten informasi berupa foto atau video mengenai berita terkini di wilayah Bandung Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification, dan kebutuhan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana yang bertujuan mencari pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi melalui SPSS Versi 25. Penarikan sampel pada penelitian in menggunakan Probability Sampling dengan Simple Random Sampling. populasi dalam penelitian ini sebanyak 557 komentar followers dalam postingan akun Instagram @Infobandungraya yang telah terpilih secara acak, kemudian sampel penelitian diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan tabel simple size in simple linear regressionmenggunakan analisis data yang disebarkan berupa kuesioner yang diisi melalui google form kepada followers yang aktif berkomentar pada postingan akun Instagram @infobandungraya. Peneliti fokus pada penggunaan media sosial dalam hal context, communication, collaboration dan connection. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial akun Instagram @infobandungraya terhadap pemenuhan kebutuhan informasi yang didukung oleh faktor lain seperti context, communication, collaboration dan connection.

Published
2022-08-06