Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Imah Babaturan

  • Aldi Cahya Suryaldi Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
  • Raditya Pratama Putra Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran Digital, Konten Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Abstract. Imah Babaturan uses Instagram social media as his information media through the Instagram account @imahbabaturan. The rapid development of the media today is helped by the existence of technology that makes lately affect various things. The presence of this social media, used to make it easier for someone to exchange information, communicate and other activities. Therefore, Imah Babaturan makes good use of Instagram social media through the content it presents. This research has a uniqueness in the presentation and packaging of menu content that is different every week, presenting information related to weekly menus, collaboration content of fellow UMKM, reposting visitors who come to the camp, and content that shows the condition of the kitchen Imah babturan. This research aims to find out how the content planning process, content strategy, content distribution process, and also the reasons for using Instagram social media. This research method uses the constructivism paradigm, a qualitative method with a case study approach. The data collection techniques used are observation, interview, and documentation.    

Abstrak. Imah Babaturan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media informasinya melalui akun Instagram @imahbabaturan. Pesatnya perkembangan media saat ini dibantu dengan adanya teknologi yang membuat akhir-akhir ini mempengaruhi berbagai hal. Hadirnya media sosial ini, digunakan agar mempermudah seseorang untuk bertukar informasi, berkomunikasi dan kegiatan lainnya. Maka dari itu Imah Babaturan memanfaatakan media sosial Instagram dengan baik melalui konten yang disajikannya. Penelitian ini memiliki keunikan dalam penyajian dan pengemasan konten menu yang setiap minggunya berbeda, menyajikan informasi terkait menu mingguan, konten kolaborasi sesama UMKM, melakukan repost kepada pengunjung yang datang ke Imah babaturan, dan konten yang memperlihatkan kondisi dapur Imah Babaturan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan konten, strategi konten, proses distribusi konten, dan juga alasan menggunaka media sosial Instagram. Metode penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, metode kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Published
2022-08-06