Strategi Promosi Thrift Shop (Toko Barang Bekas Pakai) Gearup Clobber sebagai Thrift dengan Nilai Keislaman di Media Sosial

  • Rian Riyanti Ilmu Komunikasi
  • Aning Sofyan Ilmu Komunikasi
Keywords: Strategi, Promosi, Gearup Clobber

Abstract

Abstract. Lifestyle is an action, pattern or behavior that determines how a person lives life which can affect social patterns. Everyone has their own lifestyle, especially fashion styles that are growing faster. But not everyone can meet their needs, it all depends on the financial ability that is not equal. Gearup Clobber is a thrift shop that can provide a solution for someone who wants to look stylish with not much capital. This study aims to determine the promotion strategy of thrift shop (used goods store) Gearup Clobber as a thrift with Islamic values on social media, especially Instagram social media. The research method used is a qualitative research method with a case study approach. The results showed that 1) Gearup Clobber's thrift shop promotion used promotional techniques in the form of advertising with social media marketing, 2) Gearup Clobber's promotion of Islamic values on social media was advertising with da'wah content and 3) This return and refund service is proof that Gearup Clobber upholds Islamic law in trade ethics, namely in terms of honesty, responsibility, not cheating, being generous and can increase consumer trust.

Abstrak. Gaya hidup merupakan suatu tindakan, pola atau perilaku yang menentukan bagaimana seseorang menjalani hidup yang dapat mempengaruhi pola pergaulan. Setiap orang memiliki gaya hidupnya masing-masing, terutama fashion style yang semakin cepat perkembangannya. Namun tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhannya, semua itu tergantung pada kemampuan finansial yang tidak sama rata. Gearup Clobber merupakan salah satu thrift shop yang dapat memberikan solusi bagi seseorang yang ingin tampil stylish dengan modal yang tidak banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi thrift shop (toko barang bekas pakai) Gearup Clobber sebagai thrift dengan nilai keislaman di media sosial, khususnya media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatann studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan promosi thrift shop Gearup Clobber menggunakan teknik promosi berupa iklan dengan social media marketing, 2) Promosi dengan nilai keislaman oleh Gearup Clobber di media sosial adalah iklan dengan konten dakwah dan 3) Pelayanan return dan refund ini menjadi bukti bahwa Gearup Clobber menjunjung tinggi syariat islam dalam etika perdagangan yaitu dalam hal kejujuran, tanggung jawab, tidak menipu, murah hati serta dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Published
2022-08-06