Digital Marketing Produk Rawtype Riot Melalui Instagram

  • Arfa Rhafani communication management
  • Yulianti manajemen komunikasi, fakultas ilmu komunikasi
Keywords: fashion, digital marketing, rawtype riot

Abstract

Abstract. Fashion is one of the things that has attracted people's attention from the past until now, starting from clothes with various types, accessories, shoes, and other types of fashion that have developed in Indonesia in recent years. This is used by business people to start moving in the fashion sector because it will reap large profits. In this digital marketing era, marketing strategies are not completely dead. In fact, when the digital revolution continues to grow rapidly, marketing strategies to date are growing rapidly. Most marketers can recognize how a marketing strategy has value and relevance, especially when combined with a digital marketing strategy. The uniqueness of Rawtype Riot is using a limited edition concept and also a Vintage Millitary design in the products that are served to consumers. The aims of this research are (1) to find out the implementation of digital marketing by Rawtype Riot (2) to find out how Rawtype_Riot encourages communication with customers through their social networking sites in social media marketing channels. (3) knowing the reasons for using the concept of limited edition and vintage military in its design. This study uses a qualitative method with a case study approach. Data collection was carried out through interviews with Deky as the owner who became the key informant, one of the admins of the Rawtype Riot Instagram and also consumers to strengthen the results of the research. The focus of the problem raised is How to digitally Marketing Rawtype-Riot through Instagram. The results of this study regarding knowing the implementation carried out are with video and photo content that explains the information needed by customers and content that is made more telling, then related to how to encourage communication with customers, namely to keep in touch with customers through social media, by providing offers. before the release of the product that will be marketed to customers, it makes customers feel special and also creates loyal consumers. Then the reason for using the limited edition concept and vintage design is to further increase the value of Rawtype itself regarding product quality and also make people wait for the product. products to be released by Rawtype Riot.

Abstrak. Fashion adalah salah satu hal yang menarik perhatian masyarakat dari dulu hingga saat ini, mulai dari pakaian dengan berbagai jenis, aksesoris, sepatu, dan jenis fashion lainnya yang mengalami perkembangan di Indonesia di beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mulai bergerak di bidang fashion karena akan meraup untung yang besar. Di era digital marketing ini, strategi pemasaran belum sepenuhnya mati. Bahkan, ketika revolusi digital terus berkembang pesat, strategi pemasaran hingga saat ini berkembang pesat. Sebagian besar pemasar bisa mengenali bagaimana strategi pemasaran memiliki nilai dan relevansi, terutama bila dikombinasikan dengan strategi digital marketing. Keunikan dari Rawtype Riot yaitu menggunakan konsep limited edition dan juga desain Vintage Millitary dalam produk yang di suguhkan untuk konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui implementasi digital marketing yang lakukan Rawtype Riot (2) mengetahui cara Rawtype_Riot mendorong komunikasi dengan pelanggan melalui situs jejaring sosial milik mereka dalam saluran social media marketing. (3) mengetahui alasan penggunaan konsep limited edition dan vintage military  dalam designya Penelitian ini menggunakakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan Deky selaku owner yang menjadi key informan, salah sartu admin instargam Rawtype Riot dan juga konsumen untuk menguatkan hasil penelitian. Fokus masalah yang diangkat adalah Bagaimana digital Marketing Rawtype-Riot melalui Instagram. Hasil dari penelitian ini mengenai mengetahui implementasi yang dilakukan adalah dengan konten video dan foto yang menjelaskan mengenai informasi yang dibutuhkan pelanggan dan konten yang dibuat lebih bercerita, lalu terkait cara mendorong komunikasi dengan pelanggan yaitu tetap keep in touch dengan pelanggan melalui media sosial, dengan memberikan penawaran sebelum rilisnya produk yang akan di pasarkan kepada pelanggan membuat pelanggan merasa di istimewakan dan juga menciptakan konsumen yang loyal.kemudian  alasan dari penggunaan konsep limited edition  dan design vintage ini dilakukan agar lebih meningkatkan value  dari Rawtype itu sendiri terkait kualitas produk dan juga membuat orang menanti produk produk yang akan dirilis oleh Rawtype Riot.

Published
2022-08-06