Manajemen Media Penyiaran Televisi Swasta Lokal dalam Memproduksi Program Informatif

  • Araaf Azhari Denny Fakultas Ilmu Komunikasi, Bidang Kajian Manajemen Komunikasi
  • Indri Rachmawati
Keywords: Teori Strategi Manajemen Program, Televisi, Kota Bandung

Abstract

Abstract. The presence of local television has an important role in fulfilling the need for information about events occurring in the local area. The existence of local television can show regional culture as well as local events by touching the real life of the local community. So that local television can represent the cultural identity of the local community with cultural content and identity based on local wisdom. I News TV Bandung, a local television based on I News TV Jakarta, which is given the authority to broadcast information with local nuances. This paper aims to describe the management of local television media in producing informative programs on a case study of media management strategy I News TV Bandung. The research method used is descriptive qualitative, with a focus on the management of television broadcasting media I News TV Bandung. The research method used is a qualitative research method with a case study approach with data analysis techniques using the broadcast management strategy theory proposed by Peter K Pringle. The data was collected by conducting interviews, observing and documenting related matters. The data that has been collected will be analyzed by reducing the data, presenting the data and finally drawing conclusions.

Abstrak. Kehadiran televisi lokal memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi mengenai peristiwa yang terjadi di daerah lokal. Keberadaan televisi lokal dapat menampilkan budaya daerah serta peristiwa lokal dengan menyentuh kehidupan nyata masyarakat setempat. Sehingga televisi lokal dapat merepresentasikan identitas budaya masyarakat daerah dengan muatan budaya dan identitas yang berbasis kearifan lokal. I News TV Bandung, televisi lokal yang berpusat di I News TV Jakarta, yang diberi kewenangan untuk menyiarkan informasi bernuansa lokal. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen media televisi lokal dalam memproduki program informatif pada studi kasus strategi manajemen media I News TV Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada manajemen media penyiaran televisi I News TV Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis data menggunakan teori strategi manajemen siaran program yang dikemukakan oleh Peter K Pringle. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap hal terkait. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan pada akhirnya menarik kesimpulannya.

Kata kunci: Teori Strategi Manajemen Program, Televisi, Televisi Lokal, Manajemen media penyiaran, Kota Bandung

Published
2022-01-21