Digital Marketing Samagaha Outdoor Melalui Instagram

Studi kasus pada Instagram Samagaha_Outdoor

  • Ridwan Al Iman Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Yulianti Ilmu Komunikasi
Keywords: Digital Marketing, Diskon, Instagram

Abstract

Abstract. As a company that provides outdoor needs, Samagaha outdoor has a unique way of marketing its products by giving discounts every day for the various products they offer. This uniqueness makes the writer interested in knowing Samagaha Outdoor digital marketing. This research uses a qualitative method with a case study approach. In this study, the authors used three data collection techniques, namely interviews, observation and literature study. The technique of checking the validity of the data used in this study is the source triangulation technique with the key informant of the head office, marcom, and content creator. The supporting informants in this study were two Samagaha Instagram followers and two Samagaha consumers. The results of this study are 1. In digital marketing, Samagaha has a pattern by first providing review content in the form of videos and photos about the products they sell. 2. In determining the price for the products they will sell, Samagaha first calculates the cost of producing the goods they make through vendors with the formula used, namely 1:1 or 1: . For discounts, Samagaha does not set a standard how many percent they will give, but immediately makes a price discount. 3. Samagaha Outdoor uses Instagram as their promotional medium because Instagram has a great influence on promotion. With more than 200k followers, Samagaha is able to market products according to their planned target market. 4. The reason there are always discounts for various Samagaha Outdoor products is to build a positive image to consumers by always providing discounts so that prices become more affordable and the market is wider.

Abstrak. Sebagai perusahaan yang menyediakan kebutuhan luar ruangan, Samagaha outdoor memiliki cara unik untuk memasarkan produknya yaitu dengan memberikan diskon setiap hari untuk berbagai macam produk yang mereka tawarkan. Keunikan itulah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui digital marketing Samagaha Outdoor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Triangulasi  sumber dengan key informant kepala kantor, marcom, dan content creator. Informan pendukung pada penelitian ini adalah dua orang followers instagram Samagaha dan dua orang konsumen Samagaha. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Dalam digital marketingnya Samagaha memiliki pola dengan cara terlebih dahulu memberikan konten review berupa video dan foto mengenai produk yang mereka jual. 2. Dalam menentukan harga untuk produk yang akan mereka jual, Samagaha terlebih dahulu menghitung biaya produksi barang yang mereka buat melalui vendor dengan rumus yang digunakan yaitu  1:1 atau 1: ½. Untuk penentuan diskon, Samagaha tidak mematok secara baku berapa persen yang akan mereka berikan, tetapi langsung melakukan potongan harga. 3. Samagaha Outdoor menggunakan instagram sebagai media promosi mereka dikarenakan instagram memiliki pengaruh yang besar untuk promosi. Dengan followers sebanyak lebih dari 200k Samagaha mampu memasarkan produknya sesuai dengan target pasar yang mereka rencanakan. 4. Alasan selalu ada diskon untuk berbagai produk Samagaha Outdoor adalah untuk membangun citra yang positif kepada konsumennya dengan selalu memberikan diskon sehingga harga menjadi lebih terjangkau dan pasar semakin luas.

Published
2022-01-20