Model Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Tiktok
Abstract
Abstract.
The phenomenon of digital marketing using social media, especially Tiktok, among modern people has created new business opportunities in business development. This makes researchers interested in conducting research on digital marketing communication strategies through the Tiktok Mps.bec account. The purpose of this study is to determine the digital marketing communication strategy carried out by the Mps.bec tiktok account. Mps.bec is a company engaged in electronics that utilizes marketing media through TikTok. The product marketed by this account is a smartphone. This account has been followed by 326.1 thousand TikTok users, and has uploaded a number of short videos using storylines as the marketing communication technique used. In this study, researchers used a qualitative research method using a case study approach. The theory used as reference material in this research is the theory of integrated marketing communication, the research method used is qualitative with a case study approach. This research uses data collection techniques in the form of observations, interviews and documentation.
Abstrak.
Fenomena digital marketing menggunakkan media sosial terutama Tiktok di kalangan masyarakat modern memunculkan peluang bisnis baru dalam perkembangan bisnis. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran digital melalui akun Tiktok Mps.bec. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui startegi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh akun tiktok Mps.bec. Mps.bec merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang elektronik yang memanfaatkan media pemasaran melalui TikTok. Produk yang dipasarkan oleh akun ini berupa smartphone. Akun ini sudah diikuti oleh 326,1 ribu pengguna tiktok, dan telah mengunggah sejumlah video pendek dengan menggunakan alur cerita sebagai teknik komunikasi pemasaran yang digunakan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teori yang dijadikan bahan rujukan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu, Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa obeservasi, wawancara dan dokumentasi.
References
[2] Fitrah, M. 2018. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabami: CV Jejak.
[3] Galih Putri Riyanti (2023). Pengguna Tiktok di Indonesia Tembus 113 juta terbesar di dunia. https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067/pengguna- tiktok-di-indonesia-tembus-113-juta-terbesar-kedua-di-dunia?page=all. Tanggal akses 1 Juli pukul 13.10 WIB.
[4] Hamzah, M., Sudaryanto, E., & Pradana, B. C. S. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Brand Awareness (Studi Deskriptif Kualitatif pada Ragil Kuning). In Seminar Nasional (Vol. 1, No. 01, pp. 149-154).
[5] Harsari, N.. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Tuga Pengelola Online Shop Di Media Sosial Instagram @Styleilookss. Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
[6] Maghfiroh, G. I., & Chairil, A. M. (2024). Analisis SWOT Copywriting Iklan Youtube Gosend x Ariel Noah: Potensi dan Tatangan Meningkatkan Kualitas Iklan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 9(3), 590-610.
[7] Sawlani, Dhiraj Kelly. 2021. Digital Marketing Brand Image. Penernit Scopindo Media Pustaka.
[8] Stiawan, Evan. 2018. Integrated Marketing Communication. Penerbit Samudra Biru.
[9] Tridyanthi, K. A., Aidhawani, A., Fadillah, A., Annisa, A. S., & Suhairi, S. (2023). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dalam Pemasaran Global. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 151-158.
[10] Akun @mps.bec https://www.tiktok.com/@mps.bec?_t=8rLyVH7FC1E&_r=1. Tanggal akses Juli 2023, pk 16.45 WIB.