Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Penjualan Produk Daur Ulang
Abstract
Abstract. Thrifting (Used Clothes) is a phenomenal event that has been held in recent years and can bring in thousands every year. Thrifting has become a new value in the fashion world in selling used clothes. This used clothing has high selling value and can be reworked or recycled into new items in other forms. This is used by thrifshop sellers who are currently in high demand by the public, one of which is @bekaslemariku_. The purpose of this research is to determine Bekas Lemariku's marketing communication strategy via Instagram social media. The research object is the Bekas Lemariku thriftshop brand, the research subjects are the owner of Bekaslemariku, the Bekas Lemariku Instagram social media admin, and Bekas Lemariku consumers. This research uses new media theory and the concept of The Circular Model of SOME from Regina Luttrell. The method used is qualitative with a case study approach and data collection techniques using interviews, observation and documentation. This research reveals that Bekas Lemariku's use of Instagram is successful because this platform is easy to use, has a wide reach, facilitates interaction with consumers, and provides various features.
Abstrak. Thrifting (Pakaian Bekas) salah satu yang menjadi fenomenal adanya acara yang diadakan dalam beberapa tahun terakhir dan dapat mendatangkan masa ribuan setiap tahunnya. Thrifting menjadi nilai baru dalam dunia fashion dalam menjual pakaian bekas. Pakaian bekas ini menjadi nilai jual tinggi dan bisa di reworked atau disebut daur ulang menjadi barang baru dalam bentuk lain. Hal ini dimanfaatkan oleh para penjual thrifshop yang sedang ramai diminati oleh masyarakat, salah satunya @bekaslemariku_. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Bekas Lemariku melalui media sosial Instagram. Objek penelitian yaitu sebuah brand thriftshop Bekas Lemariku, subjek penelitian yaitu, pemilik dari Bekaslemariku, admin media sosial Instagram Bekas Lemariku, dan konsumen Bekas Lemariku. Penelitian ini menggunakan teori new media dan konsep The Circular Model of SOME dari Regina Luttrell. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan Instagram oleh Bekas Lemariku berhasil karena platform ini mudah digunakan, memiliki jangkauan luas, memfasilitasi interaksi dengan konsumen, dan menyediakan berbagai fitur.
References
Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Daymon, Christine. (2008). Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing.
Bentang. Yogyakarta.
Effendy, Onong Uchjana. (2016). Ilmu Komunikai Teori dan Praktek. Cetakan ke-27. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Fazadina, Dinda. (2020). Strategi Kreator dalam Membuat Konten Instagram Studi Kasus Strategi Konten
Kreator akun Instagram @brocode_barber, dalam Jurnal Prosiding Manajemen Komunikasi Vol.6,
No.2, Agustus 2020 (hal.216)
Fitrah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Dan Studi Kasus. Sukabumi:
CV. Jejak
Littlejohn, Stephen W Littlejohn dan Karen A Foss. (2009). Teori Komunikasi, Theories of Human
Communication, Edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika
Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution, S. (1988). Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito Bandung : Bandung.
Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Permatasari, Laras. (2017). Strategi Promosi Brand Cosmic Di Media Sosial Instagram, dalam Jurnal
Prosiding Hubungan Masyarakat Vol.4, No.1, Februari 2017 (hal.329-333)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Nurimani, G. S. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian, dalam
Jurnal Riset Manajemen Komunikasi Vol.2, No.1, Juli 2022 (hal.60/62)