Kegiatan Komunikasi Pemasaran Toko Offline Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

  • Fitria Azzahra Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Wiki Angga Wiksana
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Toko Konvensional, Loyalitas Konsumen

Abstract

Abstract. This study seeks to identify and examine communication strategies through service promotions carried out by the Dany Aquarium store as an offline store in building and increasing customer loyalty. The approach in this study is qualitative with a case study method and uses interview techniques, field observations, and documentation. The object of this research is the service communication strategy at the Dany Aquarium offline store as a promotional communication medium to build a sense of loyalty to customers. Meanwhile, the subject of this study is the Dany Aquarium offline store located in the Astana Anyar area, Bandung City. Key informants and informants consist of shop owners, employees and a customer of Dany Aquarium The research objectives to be achieved are to find out how marketing communication used by Dany Aquarium in building a sanse of loyality to customers and to analyze how the message desaign is carried out by Dany Aquairum in building costomer loyality .The results of this study indicate that marketing communication activities carried out by the Dany Aquarium store can build a sense of loyalty to customers and attract new customers. It can increase the store's sales profit

Abstrak. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui dan mengkaji strategi komunikasi melalui promosi pelayanan yang dilakukan toko Dany Aquarium sebagai toko offline dalam membangun serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan teknik wawancara, observasi di lapangan, serta dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pelayanan pada toko offline Dany Aquarium sebagai media komunikasi promosi untuk membangun rasa loyal pada pelanggan. Sementara itu, subjek dari penelitian ini yaitu toko offline Dany Aquarium yang berlokasi di wilayah Astana Anyar, Kota Bandung. Key informan dan informan terdiri pemilik toko, karyawan serta salah seorang pelanggan dari Dany Aquarium. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran yang digunakan Dany Aquarium dalam membangun rasa loyal pada pelanggan dan menganalisis bagaimana rancangan pesan yang dilakukan Dany Aquarium dalam membangun loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran dilakukan oleh toko Dany Aquarium dapat membangun rasa loyal pada pelanggan dan menarik pelanggan baru. Hal ini dapat meningkatkan laba penjualan toko.

Published
2022-01-22