Hubungan antara Word Of Mouth Kedai Koboi dengan Keputusan Pembelian Konsumen

  • Megatraihan Kinanti Ramadania Manajamen Komunikasi & Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Dede Lilis
Keywords: keputusan pembelian, konsumen, kedai koboi

Abstract

Abstract. Kedai Koboi is a cafe located in Bandung area since 2012. Kedai Koboi choose word of mouth communication to attract Kedai Koboi's new customer. with word of mouth, claimed by the owner of Kedai Koboi that word of mouth has significantly change with sales of Kedai Koboi itself, many new customer know Kedai Koboi from friends or family. Based on that phenomenon, the research question for this study are: (1) is there any connection between talk about Kedai Koboi with customer's purchase decision? (2) is there any connection between promoting Kedai Koboi with customer's purchase decision? (3) is there any connection between recommending Kedai Koboi with customer's purchase decision? (4) is there any connection between selling Kedai Koboi with customer's purchase decision?. This research using correlational analysist with quantitative approach. the chosen population on this research are customers that have been visit Kedai Koboi with total 324 person. Total sample for this research are 179 person with Slovin technique. Data collection in this research using questionnaire, interview, and literature studies.

Abstrak. Kedai Koboi merupakan tempat makan yang berada di daerah Bandung yang berdiri sejak tahun 2012 lalu. Kedai Koboi memilih  Komunikasi pemasaran word of mouth sebagai upaya untuk menarik pasar dari Kedai Koboi. Dengan menggunkan word of mouth, diakui oleh owner Kedai Koboi bahwa komunikasi word of mouth membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap penjualan di Kedai Koboi, banyak orang baru yang mengetahui Kedai Koboi dari teman ataupun dari sanak saudara mereka. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) adakah hubungan antara membicarakan Kedai Koboi dengan keputusan pembelian konsumen? (2) adakah hubungan antara mempromosikan Kedai Koboi dengan keputusan pembelian konsumen ? (3) adakah hubungan antara merekomendasikan Kedai Koboi dengan keputusan pembelian konsumen ? (4) adakah hubungan antara menjual Kedai Koboi dengan keputusan pembelian konsumen?. Penelitian menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah datang ke Kedai Koboi yang berjumlah 324 orang. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 179 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. 

Published
2022-01-23