Pengaruh Konten Instagram terhadap Brand Awareness

Studi Regresi Penggunaan Dance Cover dalam Konten Instagram @jiniso.id pada Follower

  • Faishal Azka Kalkautsar ilmu komunikasi
  • Endri Listiani
Keywords: Content, Social Media, Brand Awareness

Abstract

Abstract. Marketing communication at this time has an important role for a company or business owner to communicate and introduce its products and services to consumers and the public, this is aimed at making the target market or potential buyers of the company aware, know and like what the company provides. The use of Instagram as a means of communication in marketing is known to be fast and easy to reach potential consumers. The theory used in this research is Content Marketing Theory and Brand Awareness. Content marketing is a form of marketing in terms of making text, audio, and video containing things/topics that attract the attention of consumers related to the company's brand so that consumers are interested in seeing and reading it, even sharing it with other potential consumers. Brand Awareness or brand awareness is the first step for a company or marketer to build a product brand that can be recognized by potential consumers. This study uses a quantitative method with a correlational study approach and the analytical method used is a simple linear regression study. The data collected using the distribution of questionnaires. In this study, the sampling method chosen was using the Slovin formula. Respondents in this study were 100 people who were followers of Instagram Jiniso. This study also uses validity and reliability tests. The data analysis technique in this study used descriptive analysis techniques and linear regression analysis techniques. The results showed that the R-squared value from the calculation of the coefficient of determination was 0.742 or 74.2%. This value shows that 74.2% of the brand awareness variable (Y) can be influenced by the Content variable (X) while the rest is influenced by other variables not included in the study.

Abstrak. Komunikasi pemasaran pada saat ini sangat memiliki peranan penting bagi sebuah perusahaan ataupun pemilik bisnis untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk dan jasanya kepada konsumen maupun masyarakat, hal ini bertujuan agar pasar sasaran atau pembeli potensial perusahaan tersebut menyadari, mengetahui dan menyukai apa yang disediakan perusahaan. Penggunaan instagram sebagai sarana komunikasi dalam pemasaran dikenal cepat dan mudah untuk meraih calon konsumen potensial. Teori yang digunakan pada penelitian ini Teori Konten Marketing dan Brand Awareness. Kontent marketing adalah bentuk pemasaran dalam hal pembuatan teks, audio, dan video yang berisikan hal/topik yang menarik perhatian konsumen yang berhubungan dengan merek perusahaan sehingga konsumen tertarik untuk melihat dan membacanya, bahkan membagikannya kepada calon konsumen lainnya. Brand Awareness atau kesadaran merek merupakan langkah awal bagi sebuah perusahaan atau pemasar untuk membangun sebuah merek produk yang dapat dikenal oleh calon konsumen potensialnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Studi korelasional dan metode analisis yang digunakan studi regresi linear sederhana. Data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner. Pada penelitian ini metode pengambilan sampel yang dipilih yaitu menggunakan rumus Slovin. Responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan followers instagram jiniso. Pada penelitian ini juga menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif dan Teknik analisis Regresi Linier. Hasil penelitian diperoleh nilai R-squared dari perhitungan koefisien determinasi adalah 0,742 atau 74,2 %. Nilai tersebut memperlihatkan yakni sebesar 74.2% variabel brand awareness (Y) yang dapatĀ  dipengaruhi oleh variabel Konten (X) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

Published
2022-01-23