Manajemen Kampanye Komunikasi Lingkungan Penggunaan Energi Surya Menghadapi Transisi Energi

  • Vannesya Azalia Dewi Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Mochammad Rochim Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Komunikasi Lingkungan, Manajemen Kampanye, Helio Synar Energi

Abstract

Abstract. The Indonesian government seeks to achieve Net Zero Emission by 2060 by transitioning energy to New Renewable Energy. PT Helio Synar Energi conducted a campaign through social media to encourage the use of Solar Power Plants (PLTS). This research aims to 1) Describe the environmental communication campaign management planning carried out by PT Helio Synar Energi in the use of solar energy, 2) Describe the implementation of environmental communication campaign management carried out by PT Helio Synar Energi in the use of solar energy, 3) Describe the evaluation of environmental communication campaign management carried out by PT Helio Synar Energi in the use of solar energy, 4) Describe what is behind PT Helio Synar Energi doing the campaign. This research is studied using a campaign management model that contains elements in terms of planning, implementation, and evaluation. This research uses the constructivism paradigm, qualitative method and case study approach. There is one subject in this research, namely Mr. Ronald Nehemia Sinaga as CEO of PT Helio Synar Energi. The data collection techniques used by researchers are through interviews and documentation. In addition, in testing the validity of the data, researchers used data source triangulation techniques.  The results show that this company focuses on the use of sustainable energy and provides solutions through social media such as Instagram, WhatsApp, LinkedIn, and websites. However, the campaign has not been successful due to individual awareness, company age, sales challenges, and competition from other companies. The existence of messages and information on the use of solar energy can help people be moved because PT. Helio Synar Energi's value proposition is to help other companies to transition to clean energy.

Abstrak. Pemerintah Indonesia berupaya mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060 dengan transisi energi ke Energi Baru Terbarukan. PT. Helio Synar Energi melakukan kampanye melalui media sosial untuk mendorong penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen kampanye komunikasi lingkungan yang dilakukan oleh PT. Helio Synar Energi dalam penggunaan energi surya, 2) Mendeskripsikan implementasi manajemen kampanye komunikasi lingkungan yang dilakukan oleh PT. Helio Synar Energi dalam penggunaan energi surya, 3) Mendeskripsikan evaluasi manajemen kampanye komunikasi lingkungan yang dilakukan oleh PT. Helio Synar Energi dalam penggunaan energi surya, 4) Mendeskripsikan hal apa yang melatarbelakangi PT. Helio Synar Energi melakukan kampanye tersebut. Penelitian ini dikaji menggunakan model manajemen kampanye yang mengandung unsur dari segi perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, metode kualitatif serta pendekatan studi kasus. Terdapat satu subjek dalam penelitian ini yaitu Bapak Ronald Nehemia Sinaga sebagai CEO dari PT. Helio Synar Energi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti melalui wawancara dan dokumentasi. Selain itu, dalam pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data.  Hasilnya menunjukkan bahwa perusahaan ini fokus pada penggunaan energi berkelanjutan dan memberikan solusi melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, LinkedIn, dan website. Meskipun demikian, kampanye ini belum berhasil karena faktor kesadaran individu, usia perusahaan, tantangan penjualan, dan persaingan dari perusahaan lain. Adanya pesan dan informasi penggunaan energi surya dapat membantu masyarakat tergerak karena value proposition PT. Helio Synar Energi adalah membantu perusahaan lain untuk bertransisi ke energi yang bersih.

References

Cox R. (2013). Environmental Communication and the Public Sphere. 3rd Edition. Los Angeles (US): Sage Publication.

Humas EBTKE. 2022. “Masa Transisi Energi Menuju Net Zero Emission”, ebtke.esdm.go.id.https://ebtke.esdm.go.id/post/2022/02/21/3091/masa.transisi.energi.menuju.net.zero.emission. Tanggal Akses 16 November 2023 pk. 19.00 WIB.

Murdianto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press.

Rahardjo, Mudjia. 2017.“Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya”. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Triyani, Rochim. 2022. Pengaruh Postingan Bencana Alam Pada Akun Media Sosial Instagram ACT_JABAR Terhadap Minat Berdonasi. Jurnal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung. Vol 2, No.2.

Venus, 2018. Manajemen Kampanye: Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Published
2024-08-06