Motivasi Mempercayai Diri pada Lirik Lagu “Evaluasi” dan “Up&Up” Karya Hindia & Coldplay

  • Fakhri Fadhila Kamal Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Firmansyah Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Lagu, Semiotika, Motivasi

Abstract

Abstract. Songs must actually be an effective means of conveying messages. This research aims to find out how the markers and signs of the motivational message of self-confidence in the lyrics of Coldplay's song "Up&Up" & "Evaluasi" by Hindia, then find out how music can provide an effective psychological influence on a person's acceptance based on the lyrics of the song and music. that is to be conveyed and has been prepared until the final person knows the meaning of the two songs being studied. This research uses Ferdinand De Saussure's semiotic analysis to see the meaning in song lyrics and analyze the signifiers and signifieds contained in them. This research uses a constructivist paradigm with a qualitative approach. The results of this research are that there are differences in the motivational messages in the two songs in the climax section where the song Up&Up explains about trying your best no matter what. Meanwhile, the song Evaluation is a motivation to remain confident even when faced with any difficult circumstances. Both songs have a fast/medium tempo and a major tone, or in this case a G major tone.

Abstrak. Lagu sejatinya harus menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui tentang bagaimana penanda dan petanda pesan motivasi mempercayai diri sendiri pada lirik lagu Coldplay ”Up&Up” & “Evaluasi” milik Hindia, kemudian mengetahui bagaimana musik bisa memberikan pengaruh psikologis yang efektif pada penerimaan seseorang berdasarkan lirik pada lagu serta musik yang hendak disampaikan dan telah disusun hingga yang terakhir mengetahui tentang bagaimana makna yang ingin disampaikan dari kedua lagu yang diteliti. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure untuk melihat makna dalam lirik lagu dan menganalisis penanda, petanda yang terdapat didalamnya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini yakni berupa terdapatnya perbedaan pesan motivasi pada kedua lagu dibagian klimaks dimana pada lagu Up&Up menjelaskan tentang berusaha semaksimal mungkin entah bagaimana caranya apapun itu. Sedangkan pada lagu Evaluasi yakni motivasi untuk tetap percaya diri walau diterjang dengan keadaan sulit apapun. Kedua lagu memiliki tempo yang cepat/sedang dan nada major atau dalam hal ini adalah nada G major.

References

Ahmad, A. (2022). Konsep Dasar Seni Musik. GUEPEDIA

Agil, D. (2022, Juni 7). Satu Banten News. Diakses dari https://satubanten.com/data-spotify-menunjukan-orang-indonesia-cenderung-suka-musik-sedih/

Andaryani, E. T. (2019). Pengaruh musik dalam meningkatkan mood booster mahasiswa. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 1 (2), 109–115.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori xy Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, 2(01).

Agil, D. (2022, Juni 7). Satu Banten News. Diakses dari https://satubanten.com/data-spotify-menunjukan-orang-indonesia-cenderung-suka-musik-sedih/

Aritonang, D. A., & Doho, Y. D. B. (2019). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Lirik Lagu Band Noah “Puisi Adinda”. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 4(2), 77-103.

Bahadorani, N., Lee, J. W., & Martin, L. R. (2021). Implications of Tamarkoz on stress, emotion, spirituality and heart rate. Scientific Reports, 11(1), 1–17. https://doi.org/10.1038/s41598-021- 93470-8.

Burger, J. M. (2011). Personality. Belmont, CA: Wadsworth, Cengage Learning.

Chairul Basrun. ResearchGate. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/M-Chairul-Basrun Umanailo/publication/336764265_Paradigma_Konstruktivis/links/5db7109292851c8180114415/Paradigma-Konstruktivis.pdf

Chen, L., Zhou, S., & Bryant, J. (2011). Temporal changes in mood repair through music consumption: Effects of mood, mood salience, and individual differences. Media Psychology, 9(3), 695–713. doi: 10.1080/152132607 0128329

Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi kehidupan. Guepedia.

Denada, B. 2021. Teori Dasar Musik. Aceh: Institut Seni Budaya Indonesia (Isbl) Aceh

DjStudio. (2023). Apa itu Roda Camelot? Perbaiki Campuran DJ Anda. Diakses dari https://dj.studio/blog/camelot-wheel

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1), 118-131.

Djaffar, R. (2022). A POLA KOMUNIKASI PUBLIK DI ERA DIGITAL (Publik Communication Patterns in the Digital Era). Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media (JASIMA), 3(2), 172-182.

Djohan. (2009). Psikologi musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Genius. (2023). Diakses dari https://genius.com/Coldplay-up-up-lyrics

Gladding, S. T. (2016). The Creative Arts in Counseling. Alexandria: American Counseling Association

Haimann, Theo, 2003. Supervisory Management For Health Care Institutions. St. Louis: The Catholic Hospital Association.

Hendricks, C. B., & Bradley, L. J. (2005). Interpersonal theory and music techniques: A case study for a family with a depressed adolescent. The Family Journal, 13(4), 400-405.

Hidayat, R. (2014). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 243-258.

Hunter, P., Schellenberg, E. G., & Schimmack, U. (2010). Feelings and perceptions of happiness and sadness induced by music: Similarities, differences, and mixed emotions. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 4, 47–56. doi: 10.1037/a0016873

Inah, E. N. (2013). Peranan komunikasi dalam pendidikan. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 176-188.

Isnanto, B. A. (2022). Moderato Artinya Apa? Ini Pengertian dan Contohnya. DetikBali.com. Diakses dari https://www.detik.com/bali/berita/d-6439760/moderato-artinya-apa-ini-pengertian-dan-contohnya

Jariyah, S. A., & Hartaya, K. (2018). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan: seni budaya seni musik SMA kelompok kompetensi C

Kadji, Y. (2012). Tentang teori motivasi. Jurnal Inovasi, 9(01).

Karyono, Z. R., Mursityo, Y. T., & Az-Zahra, H. M. (2019). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Music Streaming Menggunakan Metode UX Curve (Studi Pada Spotify dan JOOX). J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, 3(7), 6422-6429.

Kraemer B. Istilah Musik Allegro dan Definisi Hidupnya. Efferit. Diakses dari https://id.eferrit.com/istilah-musik-allegro-dan-definisi-hidupnya/.

Kristina. 2021. Pengertian Tempo Lagu, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Menghitungnya. DetikEdu. Diakses dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5722116/pengertian-tempo-lagu-jenis-ciri-ciri-dan-cara-menghitungnya

Kurnia, S. S., Ahmadi, D., & Firmansyah, F. (2020). Investigative News of Online Media. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 36(1), 1-11.

Labbé, E., Schmidt, N., Babin, J., & Pharr, M. (2007). Coping with stress: The effectiveness of different types of music. Applied Psychophysiology Biofeedback, 32(3–4), 163–168. doi: 10.1007/s10484-007-9043-9

Latiff, A., & Bakar, A. (2006). Aplikasi teori semiotika dalam seni pertunjukan.

Latifah, W., & Muksin, N. N. (2020). Kontribusi Metode Coaching Dalam Komunikasi Persuasif Pegawai Di Rsud R. Syamsudin, Sh Kota Sukabumi. Sebatik, 24(2), 213-221.

Kemper, K. J., & Danhauer, S. C. (2005). Music as therapy. South Med J, 98(3), 282-8.

Logan, R. K. (2010). Understanding new media: extending Marshall McLuhan. Peter Lang.

McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

McGregor, Douglas, 2000. The Piman Side of Enterprise. New York: McGraw-Hill.

Published
2024-02-08