Hubungan Antara Terpaan Media Instagram dengan Minat Berwisata

  • Andi Nur Faadiyah Utari Manajemen Komunikasi
  • Yenni Yuniati Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Media Sosial, Instagram, Minat Wisata

Abstract

Abstract. In recent years, the increasingly advanced development of information and communication technology has made people increasingly familiar with the internet, computers, telephones and smartphones. With the increasing use of computers and smartphones, it has become easier for Indonesian people to access the internet. Currently, Indonesian people carry out various online communication activities via the internet, one of which is to obtain information in the form of tourist information via Instagram. The aim of this research is to find out and analyze the relationship between text, image, audio and video information in Instagram account posts @Disbudpar.bdg with Followers Interest in Traveling to Bandung City. The method used in this research is a quantitative method with a correlational approach. The theory used is individual differences theory. Researchers used Spearman rank test analysis with data collection methods using questionnaires and literature studies. The results of this research show that there is a relationship between exposure to Instagram social media and interest in traveling. This can be seen from the significance value <0.05.

Abstrak. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang bertambah maju membuat masyarakat semakin mengenal internet, komputer, telepon dan smartphone. Dengan meningkatnya penggunaan komputer dan smartphone, masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah mengakses internet. Saat ini masyarakat Indonesia melakukan berbagai aktivitas komunikasi online melalui internet, salah satunya untuk mendapatkan informasi berupa informasi wisata melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi hubungan antara text, image, audio, and video information dalam postingan akun Instagram @Disbudpar.bdg dengan Minat Followers Untuk Berwisata Ke Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teori yang digunakan ada teori perbedaan individu. Peneliti menggunakan analisis uji rank spearman dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Terpaan Media Sosial Instagram dengan Minat Berwisata. Hal ini dilihat dari nilai signifikasi <0.05.

References

Kencana, W. H. (2018). PERSEPSI TUNARUNGU TERHADAP INTERPRETER PADA TAYANGAN BERITA TV (Studi pada Organisasi Gerakan untuk Kesejahterahan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) Jakarta). IKON Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(3): 198-206.

Lydia Felicia Prasetya, Marcella Caroline Jaya, and Sienny Thio. (2021). The Role of Social Media Instagram in the Travel Process: Evidence from Young People in Surabaya. Surabaya. IJBS.

Rahmawati, Devie. dkk. (2020). Senjakala Pariwisata Konvensional Pelajaran Berharga dari Berbagai Benua. Jakarta. Prodi Vokasi Hukum UI.

Veronica L Thomas, Marisol Chavez, Erica N Browne and Alexandra M Minnis. (2022). Instagram as a tool for study engagement and community building among adolescents: A social media pilot study. Digital Health. 6: 1–13.

Published
2024-02-07