Konsisten Konten Marketing pada Instagram dengan Minat Calon Klien

  • Cepi Tri Ramdani Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Falultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Konten Pemasaran, Media Sosial Instagram, Minat

Abstract

Abstract. In the current digital era, Instagram social media still encourages competition in the digital marketing field, especially on the Instagram account of the creative agency Miracle Creative in Bandung Regency. Tight competition makes creative digital agencies compete to attract the interest of potential clients. The aim of this research is to find out whether there is a relationship between consistent marketing content on the Instagram account @officialmiraclecreative.id and the interests of potential clients. The theory used in this research is the stimulus response theory according to Mulyana. This research uses quantitative correlation study methods with data collection techniques, distributing questionnaires, literature studies, interviews and using a Likert scale for measurement. The population in this study was 5,526 followers and a research sample of 373 was obtained. In addition, the questionnaire data was processed using statistical methods in IBM SPSS version 25 software and checked for validity and reliability. In this research, it was stated that consistent marketing content has a significant, strong correlation with the interest of prospective clients. These results are proven in the results of partial hypothesis testing which shows that the significance value of 0.000 is smaller than the significance level of 5% or 0.05. Furthermore, the Pearson product moment correlation test is 0.551, which is greater than the r-table of 0.098. The test results illustrate that consistent marketing content has a strong correlation with the interest of potential clients.

Abstrak. Pada era digital saat ini Media sosial Instagram masih mendorong persaingan di bidang pemasaran digital, terutama pada akun Instagram agensi kreatif Miracle Creative yang berada di Kabupaten Bandung. Ketatnya persaingan membuat para agensi digital kreatif bersaing dalam menarik minat calon klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsisten konten marketing pada akun instagram @officialmiraclecreative.id dengan minat calon klien. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus respon menurut Mulyana, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif studi korelasi dengan teknik pengambilan data penyebaran kuesioner, studi pustaka, wawancara serta menggunakan skala likert untuk pengukurannya. Populasi pada penelitian ini yaitu followers yang berjumlah 5.526 dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 373. Selain itu, data kuesioner diolah menggunakan metode statistik dalam software IBM SPSS versi 25 serta diperiksa bagian validitas dan reliabilitasnya. Pada penelitian ini dinyatakan bahwa konsisten konten marketing mempunyai hubungan korelasi kuat yang signifikan terhadap minat calon klien. Hasil tersebut dibuktikan dalam hasil pengujian hipotesis secara parsial yang menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% atau 0,05. Selanjutnya pada uji korelasi pearson product moment sebesar 0,551 lebih besar dibandingkan dengan r-tabel 0,098. Hasil pengujian tersebut menggambarkan bahwa konsisten konten marketing memiliki hubungan korelasi kuat terhadap minat calon klien.

References

Napoleoncat.com. 2023. Instagram Users In Indonesia August 2023, https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/08/. Tanggal Akses 14 September 2023, pk. 09.40 WIB.

Artvanka, L., & Hidayat, R. 2021. Analisis Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Customer Engagement (Studi Kasus Pt. Golden Communication Lampung Tahun 2021) Analysis of the Influence of Instagram Content Marketing on Customer Engagement (Case Study of Pt. Golden Communication La. 7(5), 1011.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi : suatu pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Setiawan, Mutiara Rizky. 2019. Strategi Digital Konten Marketing Eiger Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Komunikasi Vol.5, No.2, 6-7.

Amalia, Chairina Debika. 2020. Pengaruh Content Marketing Di Instagram Storeies @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. Jom Fisip, 7, 3-4.

Santoso, Denny. 2018. Conten Creator Black Book. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Published
2024-02-07