Pengaruh Personal Branding Influencer Alfi Siregar di Media Sosial TikTok terhadap Gaya Berpakaian Mahasiswi Fikom UNISBA

  • Avrisa Aulia Anaba Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Tresna Wiwitan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Personal Branding, Media Sosial Tiktok, Influencer

Abstract

Abstract. The increasing use of TikTok social media in Indonesia, with its various and varied content, has made many Indonesians use TikTok as a reference in their lifestyle, one of which is in the fashion sector. Apart from that, the fruit of the progress of social media in Indonesia, especially TikTok, has become a new way of earning a living, namely becoming a content creator or social media influencer who can influence the lives of Indonesian people, either as a reference, inspiration or other things. Being an influencer is not enough to have lots of followers, an influencer must also have their own image or brand that is their characteristic. Therefore, it is important for an influencer to build a strong personal brand. So this research will discuss the influence of the personal branding of social media influencer Alfi Siregar with the account name @alfisrg15 on TikTok social media on the clothing style of UNISBA Fikom students. The aim of this research is to find out how aspects of personal branding according to David McNally and Karl D Speak influence UNISBA Fikom students in choosing their clothing style by using an Influencer on TikTok social media named Alfi Siregar as the object of this research. Meanwhile, 65 Fikom UNISBA students were respondents to this research who had seen the @alfisrg15 account. This research uses quantitative methods. The results of this research show that there is an influence between the personal branding carried out by Alfi Siregar on TikTok social media on the clothing style of UNISBA Fikom students. This can be seen from the value of the simple linear regression test where the significance value shows a result of 0.000 <0.05 which proves that there is a significant influence between the two variables personal branding and clothing style.

Abstrak. Meningkatnya penggunaan media sosial TikTok di Indonesia, dengan konten yang berbagai macam dan bervariatif membuat banyak Masyarakat Indonesia menjadikan TikTok sebagai salah satau referensi dalam gaya hidupnya, salah satunya di bidang  fashion. Selain itu, buah dari kemajuan media sosial di Indonesia, khususnya TikTok menjadi ladang mencari nafkah baru yaitu menjadi content creator atau social media influencer yang dapat mempengaruhi kehidupan Masyarakat Indonesia, baik sebagai referensi, inspirasi ataupun hal lainnya. Menjadi seorang influencer tidak cukup dengan memiliki banyak pengikut, seorang influencer juga harus memiliki citra atau brand tersendiri yang menjadi ciri khas nya. Oleh karena itu, penting bagi seorang influencer untuk membangun personal branding yang kuat. Maka Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana pengaruh personal branding seorang social media influencer Alfi Siregar dengan nama akun @alfisrg15 di media sosial TikTok terhadap gaya berpakaian mahasiswi Fikom UNISBA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aspek-aspek personal branding menurut David McNally dan Karl D Speak mempengaruhi mahasiswi Fikom UNISBA dalam memilih gaya berpakaiannya dengan menggunakan seorang Influencer di media sosial TikTok Bernama Alfi Siregar sebagai objek dari penelitian ini. Sedangkan sebanyak 65 mahasiswi Fikom UNISBA menjadi responden dari penelitian ini yang pernah melihat akun @alfisrg15. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh antara personal branding yang dilakukan Alfi Siregar di media sosial TikTok terhadap gaya berpakaian mahasiswi fikom UNISBA. Hal ini dapat dilihat dari nilai dari uji regresi linier sederhana dimana nilai signifikansi menunjukan hasil 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan diantara kedua variabel personal branding dan gaya berpakaian.

References

Afrilia, M.Ascharisa. 2018. Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, Vol.11, No.1.

Berpakaian, Perkembangan, Asal Jepang, D I Surabaya, and Farhan Mubarok. 2016. “Jurusan Bahasa Dan Sastra Jepang Sekolah Tinggi Bahasa Asing Jia Bekasi 2016.”

Fithri, Rizma. 2014. “Buku Perkuliahan: Psikologi Belajar.” Prodi Psikologi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya: 1–164.

Haerisma, Alvien Septian. 2018. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Fashion Melalui Bauran Pemasaran.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah 10(1): 91.

Irawan, Mohammad Honif Candra, and Totok Suyanto. 2014. “Strategi Sekolah Dalam Menangani Pelanggaran Tata Tertib Di Smp Dorowati Manukan Surabaya.” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2(2): 484–98.

Jadid, Universitas Nurul, and Jawa Timur. 2020. “PERSONAL BRANDING KIAI POLITISI BERBASIS CIRCLE-C Khotijah*, Akmal Mundiri.” 2(2): 182–95. http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/indexhttp://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/index.

Kurnia, Okki. 2022. “Pengaruh Kualitas Paket Wisata Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan Di Kawasan Tanjung Lesung Pandeglang Banten.” Jurnal Manner 1(2): 96–103.

Mubarok, Farhan. 2016. “Perkembangan Berpakaian.”

Montoya, P. dan Vandehey, T. 2004. Strategic Personal Branding. Mumbai: Jaico Publishing House

Montoya, P. dan Vandehey, T. 2009. The Brand Called You: Make Your Bussiness Stand Out in a Crowded Market Place. USA: McGraw-Hill.

McNally, David and Karl D. Speak. (2002). Be Your Own Brand. San Fransisco: Berret Koehler Publisher, Inc.

Natalia, Wenny Anggraini, Dian Widiawati, and Agus Sachari. 2019. “Perancangan Produk Fashion Bagi Masyarakat Urban Indonesia Dengan Pemanfaatan Tenun Lurik Jawa Pedan.” Serat Rupa Journal of Design 3(2): 112–33.

Published
2024-02-07