Pengaruh Akun Instagram @duniakulinerbdg terhadap Minat Beli Followers

  • Errica Celline Aldilla
  • Zulfebriges Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Instagram, Minat Beli, duniakulinerbdg

Abstract

Abstract. Technological developments have a huge influence on human life. One of them is the existence of an internet network which can then provide many benefits and make things easier for every user with the emergence of various kinds of social media, one of which is Instagram. Instagram is a social media platform that shares photos or videos which are currently considered content. There are various types of content tailored to the expertise of each content creator or content creator, including content in the culinary field. Duniakulinerbdg is a content creator who focuses on the culinary sector. The duniakulinerbdg Instagram account contains culinary recommendations in the city of Bandung as a reference for audiences who follow the account. The existence of these references can be an influence for the audience to increase purchasing interest. This research uses a quantitative approach with new media theory. The primary data collection technique in this research uses a questionnaire and the secondary data collection technique uses literature study. With data analysis techniques using simple linear regression. The results of this study show that there is an influence between variable x (Instagram) and variable y (purchasing interest) of 65.1% with a significance of 0.000. These results show that the two influences on these two variables are in the strong category.

Abstrak. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan adanya jaringan internet yang kemudian dapat memberikan banyak manfaat serta memudahkan setiap penggunanya dengan munculnya berbagai macam media sosial salah satunya adalah Instagram. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang membagikan foto atau video yang saat ini dikatakan sebagai konten. Terdapat berbagai macam jenis konten yang disesuaikan dengan keahlian masing-masing pembuat konten atau content creator termasuk konten pada bidang kuliner. Duniakulinerbdg merupakan content creator yang berfokus pada bidang kuliner. Akun Instagram duniakulinerbdg berisi tentang rekomendasi kuliner yang ada di kota Bandung sebagai salah satu referensi untuk audiens yang mengikuti akun tersebut. Adanya referensi tersebut dapat menjadi salah satu pengaruh bagi audiens untuk meningkatkan minat beli. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan teori new media atau media baru. Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket dan teknik pengumpulan data sekunder menggunakan studi literatur. Dengan teknik analisa data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel x (instagram) dengan variabel y (minat beli) sebesar 65,1% dengan signifikansi 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua pengaruh pada kedua variabel tersebut masuk pada kategori kuat.

References

Cindy Mutia Annur. (2023). “Pertumbuhan Melambat, Jumlah Pengguna Media Sosial Global

Capai 4,76 Miliar hingga Awal 2023”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023

/02/07/pertumbuhan-melambat-jumlah-pengguna-media-sosial-global-

capai-476-miliar-hingga-awal-2023#:~:text=Menurut%20laporan%20

terbaru%20We%20Are,total%20populasi%20dunia%20saat%20ini. Tanggal akses 29

April 2023, pk. 08.10 WIB.

Karman, K. (2013). Riset Penggunaan Media Dan Perkembangannya Kini. Jurnal

Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 93-112.

Monavia Ayu Rizaty. (2022). “Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,68% pada Kuartal

II/2022”, https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-

dan-minuman-tumbuh-368-pada-kuartal-ii2022. Tanggal akses 7 Mei 2023,

pk. 11.56 WIB.

Sarnita Sadya. (2023). “Pengguna Instagram RI Terbesar Keempat di Dunia Pada awal 2023”,

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-

di-dunia-pada-awal-2023. Tanggal akses 29 April 2023, pk. 15.44 WIB.

Published
2024-03-07