Komunikasi Pemasaran Kopi Kiran

  • Sri Wahyuni Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Satya Indra Karsa
Keywords: Coffe Shop, Marketing Mix, Promotion

Abstract

Abstract. In an increasingly modern era in this society to continue to adapt to all changes and meet the needs of life. So do not be surprised if many people who start themselves to do business. This can be seen from the increasing number of types of businesses and products being marketed the coffee business is one of them. To win the competition, of course, every company must have different marketing communications. In this study, the object of research is the marketing communication of Coffee kiran subang in maintaining customer loyalty. This study aims to determine the marketing communications carried out by coffee kiran to find out coffee kiran strategy in dealing with obstacles and to find why customers are loyal to coffee kiran. In conducting marketing communications, it is necessary to have theoretical concepts that have been proven true. This research uses marketing communications theory or marketing mix. This research uses descriptive qualitative method which aims to describe a certain phenomenon. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The result of this study can be said that coffee kiran only promotes it marketing communications through 3 ways namely : advertising, sales promotion, and public relations. The supporting factor for kiran coffee is the grouping of complementary products into one and then selling it at a lower price than if you buy a single product (bundling package) that is preferred by customers. While the inhibiting factor is the lack of human resources so that the promotion has not been carried out optimally.

Abstrak. Di zaman yang semakin modern ini masyarakat dituntut untuk terus beradaptasi dengan segala perubahan dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang memulai diri untuk berbisnis. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya jenis usaha dan produk yang dipasarkan, bisnis kopi salah satunya. Untuk memenangkan persaingan tentu setiap perusahaan harus mempunyai komunikasi pemasaran yang berbeda. Dalam penelitian ini, objek penelitian yang diambil adalah komunikasi pemasaran kopi kiran subang dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran apa yang dilakukan oleh kopi kiran, untuk mengetahui strategi kopi kiran dalam menghadapi hambatan dan untuk mengetahui mengapa pelanggan loyal terhadap kopi kiran. Dalam melakukan komunikasi pemasaran diperlukan adanya konsep-konsep teori yang sudah teruji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran atau marketing mix. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kulaitatif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kopi kiran hanya mempromosikan komunikasi pemasarannya melalui 3 cara yaitu : iklan, promosi penjualan dan hubungan masyarkat. Faktor pendukung yang dimiliki kopi kiran adalah adanya pengelompokan produk pelengkap menjadi satu kemudian dijual dengan harga lebih rendah dibandingkan jika membeli produk satu persatu (paket bundling) yang digemari oleh pelanggan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sumberdaya manusia sehingga promosi belum dilakukan secara optimal.

Published
2022-01-23