Dinas Pelayanan Jabar Saber Hoaks Menuju Pergantian Pemimpin di Tahun 2024
Abstract
Abstract. The existence of the West Java Saber Hoaks Service Division in the face of the change of leadership scheduled for 2024 is still a question. This division is under the auspices of the West Java Communication and Information Service (Diskominfo). This research uses a qualitative case study approach with a focus on the question of whether the West Java Saber Hoaks Service Division will be maintained or not after a change of leader. This research method includes in-depth interviews, observation, and document analysis to understand the role of the West Java Saber Hoax Service Division in overcoming hoax and disinformation problems. Apart from that, this research also analyzes factors that can influence the sustainability of this division during the leadership transition period. The conclusion was found that the strategy to maintain the existence of the West Java Saber Hoaks Division ahead of the change of leadership in 2024 is to be a pioneer in accommodating and filtering information and news circulating, especially on social media, increasing the number of complaints from the public, and using regional West Java Saber Hoaks to anticipate information ahead of the political year.
Keywords: existence, service division, Jabar Saber Hoaks, leader change, case study, qualita
Abstrak. Eksistensi Divisi Pelayanan Jabar Saber Hoaks dalam menghadapi pergantian pemimpin yang dijadwalkan pada tahun 2024 masih menjadi pertanyaan. Divisi ini berada di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan fokus pada pertanyaan apakah Divisi Pelayanan Jabar Saber Hoaks akan dipertahankan atau tidak setelah terjadinya pergantian pemimpin. Metode penelitian ini mencakup wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen untuk memahami peran Divisi Pelayanan Jabar Saber Hoaks dalam mengatasi permasalahan hoaks dan disinformasi. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberlanjutan divisi ini selama masa transisi kepemimpinan. Ditemukan kesimpulan bahwa strategi untuk menjaga eksistensi Divisi jabar Saber Hoaks menjelang pergantian pemimpin tahun 2024 sebagai pionir dalam mewadahi dan memfilterisasi informasi maupun pemberitaan yang beredr terutama pada media sosial, meningkatkan pencapaian jumlah aduan dari masyarakat, menggunakan Jabar Saber Hoaks daerah dalam mengantisipasi informasi menjelang tahun politik.
References
Daftar Pustaka
Amien, A Mappadjantji. 2005. Kemandirian Lokal Konseosi Pembangunan, Organisasi, dan Pendidikan dari Perspektif Sains Baru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Andriyani, S., Darmawan, D., & Hidayati, N. O. 2018. Buku Ajar Komunikasi dalam Keperawatan. Bandung: PT Refika Aditama.
Brinkerhoff, D.W., Arthur, A., dan Goldsmith. 1990. Institusional Suatainability in Agriculture and Rural Development: A Global Perspective. New York, USA: Praeger Publisher.
Bryson, Jo. 1990. Effective Library and Information Centre Management. Brookfield: Gower Publishing Company.
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia
Denzin, Norman K. & Yvonna S Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Duha, T. 2018. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Faisal, Sanapiah. 1989. Format-format Penelitian Sosial: Dasar-dasar dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali
Gibson, J. L, Ivancevich, J.M dan Donelly, J. Jr, 1984. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. 2003. Behavior in Organization. Prentice Hall. New Jersey.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Kant, Immanuel. 2005. Kritik Atas Akal Budi Praktis. Diterjemahkan dari judul Critique of Practical Reason (1956) oleh Nurhadi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kriyantono. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Pembaharuan.
Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung, PT. Citra Aditya Bakti.
Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Maria, Anna. 2006. Perilaku Organisasi. Bandung: Tarsito
Marquis, B. L., dan Huston, C. J. 2010. Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan: teori dan aplikasi, (Ed.4). Jakarta: EGC
Maturana, H. dan F. Varela. 1987. The Tree of Knowledge: The Biological Roots of Human Understanding. Boston: Shambala