Representasi Kepercayaan Diri pada Wanita

  • Diana Putri Rahmadhani Ilmu Komunikasi
  • Alex Sobur Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Representasi, Semiotika Roland Barthes, Video Musik

Abstract

Abstract - This study is based on the background of many women who are faced with situations and conditions that make them feel worried and anxious about something. This can be triggered because there are demands by the closest person. Therefore, Yura Yunita released a song entitled "Tutur Batin" which tells about women who are struggling to accept themselves as they are. Indirectly, this song has also campaigned for self-confidence in women. The purpose of the research is to find out the denotation, connotation, and mythical meaning of the representation of self-confidence in women in the music video tutur batin by Yura Yunita using qualitative research with a Roland Barthes semiotic perspective. The data obtained was obtained through textual analysis, and literature study. The denotation meaning of the representation of self-confidence in women in Yura Yunita's music video tutur batin is the real meaning in which it is divided into three parts, namely the signifier, signifier, and sign. The connotation meaning of the representation of self-confidence in women in Yura Yunita's music video tutur batin is the real meaning in which it is divided into three parts, namely the signifier, the signifier, and the sign.

Abstrak - Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya wanita yang dihadapkan pada situasi dan kondisi yang membuat rasa kekhawatiran dan gelisah oleh suatu hal. Hal tersebut dapat dipicu karena terdapat tuntutan oleh orang terdekat. Oleh karena itu, Yura Yunita merilis lagu yang berjudul “Tutur Batin” yang menceritakan tetang para wanita yang sedang berjuang dalam menerima dirinya dengan apa adanya. Secara tidak langsung, lagu ini pun telah mengkampanyekan rasa kepercayaan diri pada wanita. Tujuan penelitian mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dari representasi kepercayaan diri pada wanita dalam video musik tutur batin karya Yura Yunita dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan perspektif semiotika Roland Barthes. Data yang di peroleh didapatkan melalui analisis tekstual, dan studi kepustakaan. Makna denotasi dari representasi kepercayaan diri pada wanita dalam video musik tutur batin karya Yura Yunita yaitu makna sesungguhnya yang di dalamnya terbagi menjadi tiga bagian yaitu petanda, penanda, dan tanda. Makna konotasi dari representasi kepercayaan diri pada wanita dalam video musik tutur batin karya Yura Yunita sebagai bentuk idiologi dari perspektif subjektif yang mempunyai maksud dan tujuan dari objek yang di sampaikan berupa konsep dan penandaan di balik potongan gambar video musik berjudul tutur batin yang diciptakan. Makna mitos dari representasi kepercayaan diri pada wanita dalam video musik tutur batin karya Yura Yunita yaitu sebuah pertandaan nilai bahasa dari konteks komunikasi yang melahirkan sebuah pesan, sehingga mitos bisa dikatakan sebagai produk sosial yang dengan sendirinya mendominasi segala sesuatu yang dianggap benar dari persepsi masyarakat secara historis. Seperti makna mitos pada penciptaan potongan video musik berjudul tutur batin dengan menggambarkan sebuah fenomena nyata yang sering terjadi di lingkungan masyarakat mengenai kepercayaan diri wanita.

 

References

Dyzak, Brian, 2016. What I Really Want to Do on Set in Hollywood. LA: Random House LLC.

Gunawan. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Lauster, P. 2016. Tes Kepercayaan Diri, Bumi Aksara, Jakarta.

Martinet, Jeanne. 2010. “Semoilogi Kajian Teori Tanda Saussuran” Yogyakarta. Jalasutra.

Mulyana, Deddy. 2018. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutrisno & Putranto, 2015. Teori-teori Kebudayaan. Yogyakarta. Jalasutra.

Thantaway. R, 2015. Kamus Istilah Bimbingan Konseling. Jakarta : Grasindo.

Vera , Raswati. 2014. Semiologi Roland Barthes. Jogjakarta: Yayasan Obor Indonesiatera

Heidrick and Struggles. 2017. The Adoption of Digital Marketing in Financial. U.S: Services Under Crisis.

Noor. Juliansyah 2017. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya. Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Prajarini, Dian. 2020. Media Sosial Periklanan Instagram. Jakarta : RTSRD VISI.

Rohmadi, A. 2016. Tips Produktif Ber-sosial Media. Jakarta: Elek Media.

Savitri, Astrid. 2019. Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Media Sosial. Jakarta : Mitra Media Nusantara CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Umar, Husein. 2019. Metode Riset Manajemen Perusahaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Published
2024-03-07