Penggunaan Media Sosial untuk Pesan Edukasi Terkait Karir dan Pekerjaan

  • Jewel Mardatillah Binuri Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Dian Widya Putri Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Audio Visual, Pesan Edukasi, Analisis Isi

Abstract

Abstract. TikTok is one of social media platforms which allows its users to post and share audio-visual formatted messages like short videos that are able to carry messages in the form of words or clauses, presented by communicators, who deliver them with such specific intonations and gestures, that are very strongly capable in directing audiences’ perception and strengthening their influences toward the audiences. One of the TikTok accounts, @Vmuliana, which regularly upload audio-visual contents containing education messages such as tips and general information concerning with career and job, particularly the ones related with job interview tips, which are one of important knowledge that job seekers need to comprehend in order to successfully obtain the job they want. The study is aimed to examine how video contents related with job interview tips are contained in videos postings on the TikTok account @Vmuliana. The paper is expected to be able to provide answers on questions about efforts taken by the TikTok @Vmuliana accounts owner in communicating her contents messages to be so that they are appreciated by their users. The Author uses content analysis method with descriptive qualitative approach in the study, where education video messages related with job and career matters, particularly the onses related with job interview tips uploaded on the TikTok account @Vmuliana are analized based on found theme and category. The theory that is used in the research is Content Theory, the Author will start the analysis with selecting the sample and finally interpreting those video messages.

Abstrak. TikTok merupakan salah satu platform media sosial dimana penggunanya dapat mengunggah dan membagikan pesan-pesan dengan format audio-visual berupa video singkat yang mampu membawa pesan berupa kata-kata/kalimat yang disampaikan oleh komunikator, yang menyampaikannya dengan intonasi suara maupun gesture tertentu sehingga sangat kuat dalam mengarahkan persepsi para penerima pesan serta memperkuat pengaruh komunikasi pada para penerima pesan tersebut. Salah satu akun TikTok, yaitu @Vmuliana, yang sering mengunggah konten-konten audio-visual yang berisi pesan-pesan edukasi berupa tips-tips maupun informasi umum terkait karir dan pekerjaan, khususnya tips wawancara kerja yang merupakan salah satu hal yang penting untuk dipahami bagi para pencari kerja agar sukses dalam memperoleh pekerjaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana isi konten video edukasi terkait tips wawancara kerja dikemas pada unggahan-unggahan video pada akun TikTok @Vmuliana tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan jawaban tentang upaya apa saja yang digunakan olah pemilik akun TikTok @Vmuliana dalam mengkomunikasikan isi konten unggahannya sehingga menjadi pesan yang disukai oleh para penggunanya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis Isi dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti akan melakukan analisis terhadap isi unggahan video pesan-pesan edukasi terkait karir dan pekerjaan pada akun TikTok @Vmuliana khususnya terkait tips wawancara kerja. Teori yang digunakan adalah Teori Konten, peneliti akan memulainya dengan memilih sampel dan menginterpretasikan isi dari pesan-pesan video di akun tersebut.

References

Arafat, Gusti Yasser. (2018). Membongkar Isi Pesan Dan Media Dengan Content Analysis. Jurnal UIN Antasari Banjarmasin Vol 17 No. 33 Januari 2018.

Azhari, Sartika. Ardiansah, Irfan. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez).

Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi. Vol 10 No 1, hal 222 – 229.

Bungin, Burhan. (2003). Analisisi Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Chikh, Azeddine. (2014). A General Model of Learning Design Objects. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences 26(1).

DePorter, Bobby & Hernacki, Mike. (1999). Quantum Learning - Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Published
2024-02-06