Pengaruh Kampanye Dear Me Beauty terhadap Minat Beli

Studi Regresi Linier Sederhana Kampanye “Make Beauty Better” pada Followers Instagram @dearmebeauty

  • Anandita Gadisya Riezkya Adhy Putri Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Endri Listiani
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Kampanye, Minat Beli

Abstract

Abstrak. Kampanye adalah salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap minat beli konsumen untuk sebuah produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Dear Me Beauty merupakan salah satu perusahaan kosmetik yang berdiri sejak tahun 2017. Tergolong produk kosmetik yang baru, Dear Me Beauty tentu harus bersaing dengan produk kosmetik lain yang sudah terlebih dahulu ada untuk mendapatkan konsumen. Salah satu usaha Dear Me Beauty mendapatkan konsumen tersebut adalah dengan cara kampanye. Brand kosmetik Dear Me Beauty kemngkampanyekan bahwa cantik itu beragam, Dear Me Beauty membuat kampanye bertajuk “Make Beauty Better” di Instagram dengan tujuan merayakan keberagaman warna kulit masyarakat Indonesia. Adanya kampanye tersebut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi minat beli. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kampanye terhadap minat beli konsumen pada followers Instagram @dearmebeauty. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi. Teori Difusi Inovasi ini merupakan model teori yang biasa digunakan dalam Kampanye dan teori yang digunakan dalam perubahan sosial. Teori ini berguna dalam menganalisis kolaborasi antara pengguna komunikasi massa dan komunikasi pribadi untuk masyarakat mengadopsi suatu produk, perilaku atau ide tertentu yang dianggap baru (inovasi). Hal ini mengasumsikan bahwa Kampanye Dear Me Beauty bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat umtuk menerima keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan Teknik simple random sampling. Responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan followers Dear Me Beauty dan mengomentari unggahan kampanye yang di unggah di Instagram Dear Me Beauty. Pada penelitian ini juga menggunakan Teknik analisis deskriptif dan Teknik analisis regresi linier sederhana Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kampanye Make Beauty Better mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk yang di kampanyekan, hasilnya yaitu sebesar 58,4%. Artinya dari hasil yang didapatkan, terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara variabel kampanye secara keseluruhan meliputi dimensi informasi, persuasi, keputusan untuk mencoba dan konfirmasi atau reevaluasi terhadap variabel Y yaitu minat beli konsumen.

Abstract. Campaign is one of the factors that can affect consumer purchase intention for a product or service sold by the company. Dear Me Beauty is a cosmetic company that was founded in 2017. Being a new cosmetic product, Dear Me Beauty, of course, has to compete with other cosmetic products that already exist to get consumers. One of Dear Me Beauty's efforts to get these consumers is through campaigns. Cosmetics brand Dear Me Beauty campaigns that beauty is diverse, Dear Me Beauty created a campaign titled "Make Beauty Better" on Instagram with the aim of celebrating the diversity of skin colors of the Indonesian people. The existence of the campaign is one of the factors that influence purchase intention. Therefore, this study aims to determine whether there is an influence between the campaign on consumer purchase intention on Instagram followers @dearmebeauty. The theory used in this research is the Diffusion of Innovation Theory. The Diffusion of Innovation Theory is a theoretical model commonly used in Campaigns and a theory used in social change. This theory is useful in analyzing collaboration between users of mass communication and personal communication for people to adopt a certain product, behavior or idea that is considered new (innovation). This assumes that the Dear Me Beauty Campaign aims to change people's mindsets to accept diversity. This study uses a quantitative method with a simple linear regression approach. Data were collected using questionnaires. The sampling technique was carried out by means of probability sampling with a simple random sampling technique. Respondents in this study were 100 people who were followers of Dear Me Beauty and commented on campaign uploads uploaded on Dear Me Beauty's Instagram. This study also uses descriptive analysis techniques and simple linear regression analysis techniques. The results of this study indicate that the Make Beauty Better campaign has a significant influence on purchase intention in the products being campaigned, the result is 58.4%. This means that from the results obtained, there is a strong and significant influence between the overall campaign variables including the dimensions of information, persuasion, the decision to try and confirm or reevaluate the Y variable, namely consumer purchase intention.

Published
2022-01-23