TikTok sebagai Media Promosi Produk Mks.shoes

  • Ridha Azka Nabilla Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Ike Junita Triwardhani Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: TikTok, Promosi, Mks.shoes

Abstract

Abstract. The current development of fashion has made several business people, especially in the fashion sector, increasingly. Along with technological developments, especially in the digital world, social media has an important role to make it easier for business people to promote their products. One of the platforms described in this research is TikTok. TikTok is a new platform that is widely used by the wider community. On the TikTok platform, the Mks.Shoes brand uses it as a promotional medium by showing the characteristics and uniqueness of Mks.Shoes. The aim of this research is to determine the benefits of the features available on TikTok such as TikTok Ads and Live TikTok as promotional media for Mks.Shoes. This research uses a qualitative method with a case study approach formulated by Robert K Yin, with a single case and using a constructivist paradigm. The data obtained in this research used observation data collection techniques, interviews with Fitria Vidyawati, Fenty and Nadila and also documentation. The results of this research show that Mks.shoes uses TikTok as a promotional medium because Mks.shoes follows market behavior which has basically made TikTok the main social media platform. The uniqueness of the content provided by Mks.shoes is that it is informative and fresh, overcoming obstacles with regular evaluation to improve the promotion process and soft promotion which is a characteristic of Mks.shoes so that the wider public knows Mks.shoes products in more detail and knows the value of Mks.shoes.

Abstrak. Perkembangan fashion saat ini membuat beberapa para pembisnis terutama dibidang fashion semakin meningkat. Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya di dunia digital, media sosial memiliki peran penting untuk memudahkan seorang pembisnis dalam menjalankan promosi produknya. Salah satu platform yang dijelaskan dalam penelitian ini yaitu TikTok, TikTok adalah salah satu platform baru yang sudah banyak digunakan oleh Masyarakat luas. Yang dimana pada platform TikTok inilah brand Mks.Shoes memanfaatkan sebagai media promosi dengan cara menunjukan cirikhas dan keunikan Mks.Shoes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manfaat dari fitur, yang tersedia di TikTok seperti, TikTok Ads dan Live TikTok sebagai media promosi bagi Mks.Shoes. Penelitian ini mengggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus yang dirumuskan oleh Robert K Yin, dengan kasus Tunggal dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dengan Fitria Vidyawati, Fenty dan Nadila dan juga melakukan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Mks.shoes menggunakan TikTok sebagai media promosi karena mks.shoes mengikuti behavioral pasar yang pada dasarnya sudah menjadikan TikTok sebagai platform utama sosial media. Keunikan konten yang diberikan Mks.shoes dengan informatif dan juga fresh, mengatasi hambatan degan evaluasi secara rutin untuk memperbaiki proses promosi serta soft promotion yang dijadikan ciri oleh Mks.shoes agar Masyarakat luas mengenal produk Mks.shoes lebih detail serta mengetahui value dari Mks.shoes.

References

Lister, Martin et al., (ed), (2009) New Media : A Critical Introduction, Second Edition,

New York : Routledge

K.Yin Robert.2003. Studi Kasus,Desain,dan Metode. Jakarta: PT Grafindo Persada.

A. Shimp T. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Published
2024-03-08