Promosi Dalam Elektronic Word Of Mouth pada Posting Instagram

  • M.Andara Munazar R Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Dede Lilis Chaerowati Universitas Islam Bandung
Keywords: Electronic Word of Mouth, Instagram

Abstract

Abstrak. Promosi merupakan hal yang penting didalam strategi pemasaran sebuah produk dan jasa, perkembangan teknologi dan informasi membuat promosi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan maupun instansi untuk meningkatkan angka penjualan. Promosi dalam  Penggunaan media sosial yang berkembang pesat menjadi salah satu tempat untuk memenuhi berbagai kebetuhan informasi, termasuk juga electronic word of mouth. Instagram, sebagai salah satu media sosial, diketahui secara efektif dalam penyebaran electronic word of mouth. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Promosi dalam Elektronic Word Of Mouth yang terdapat dalam Posting (Gambar,Caption, Hastag dan Komentar) akun Instagram 7Weddingconcept. Motode ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan teknik analisis isi dengan  Sample postingan sebanyak 15. penelitian ini berusaha untuk mencari tahu bagaimana promosi dalam element e wom dalam postingan Instagram serta mengetahui frekuensi kemunculannya element e WOM paling besar. Hasil menunjukan postingan Instagram 7 wedding concept memiliki element e WOM yang meliputi Concern of Others pada gambar dan hastag sejumlah 33.33%,  Expresing Positive Feelings pada gambar 53,33%, Venting Negative Feelings 6.66%, Platform Assistence pada  hastag dan komentar 46.66%, dan Helping the Company pada hastag 46.66%.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Instagram