Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Modal Intelektual terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris pada perusahaan Kelapa Sawit yang terdaftar di BEI pada tahun 2017-2020

  • Sabilla Andili Hasanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Nurleli Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
Keywords: Corporate Social Responsibility, Modal Intelektual, ROA, Kinerja Keuangan

Abstract

Abstract.  Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure is the way companies report their social responsibility to society. A good image in the company in the eyes of the community will make a good impact for the company. In addition to CSR disclosure, good intellectual capital can also have a positive impact on the company. This research aims to find out how much influence CSR and intellectual capital disclosure has on the performance of the ministry that is proxies with Return On Assets (ROA) in palm oil companies registered with the IDX in 2017-2020. The study sample consisted of 10 companies with a total of 40 data observation data with Purposive Sampling Technique. The methods used by this study are verifiative with quantitative techniques obtained from www.idx.co.id. Data retrieval techniques with documentation techniques. The hypothesis used in this study is to use multiple regression analysis with the results showing disclosure of Corporate Social Responsibility and Intellectual Capital has an effect on Financial Performance.

Abstrak. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan cara perusahaan melaporkan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat. Citra yang baik di perusahaan dimata masyarakat akan membuat dampak yang baik untuk perusahaan. Selain pengungkapan CSR, Modal intelektual yang baik juga dapat membawa dampak positif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan CSR dan Modal intelektual terhadap Kinerja Keauangan yang di proksi dengan Return On Assets (ROA) pada perusahaan Kelapa Sawit yang terdaftar di BEI pada tahun 2017-2020. Sampel penelitian terdiri dari 10 perusahaan dengan jumlah data pengamatan 40 data dengan Teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan penelitian ini adalah verifikatif dengan pendekatan Kuantitatif yang diperoleh dari www.idx.co.id. Adapun Teknik pengambilan data dengan Teknik dokumentasi. Pengujian Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda dengan hasil menunjukan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Modal Intelektual berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan.

Published
2022-01-19