Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Tiento Indonesia Juara

  • Muhamma Aldi Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Kania Nurcholisah
Keywords: Strategi Pemasaran,, Keputusan Pembelian

Abstract

Abstract. This study aims to investigate the influence of marketing strategies on purchasing decisions. The approach used in this research is a quantitative approach. The research was conducted at Tiento Indonesia Champion Bandung. The population of this study includes all Indonesian Tiento consumers at Shopee. The research sample consisted of 427 respondents who filled out a questionnaire, then the data was tested using the validity and reliability methods. Data analysis was performed using simple linear regression, classical assumption test, t test, and the coefficient of determination (R-Square). The results of the research show that there is a significant influence between marketing strategy and purchasing decisions.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Tiento Indonesia Champion Bandung. Populasi penelitian ini mencakup semua konsumen Tiento Indonesia di Shopee. Sampel penelitian terdiri dari 427 responden yang mengisi kuesioner, kemudian data diuji menggunakan metode validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana, uji asumsi klasik, uji t, dan koefisien determinasi (R-Square). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara strategi pemasaran dan keputusan pembelian.

References

[1] Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1-10.
[2] Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sitem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT Jasa Raharja Putra cabang Bengkulu. Jurnal Professional FIS UNIVED, 42-60.
[3] Agustina, A., Hasni, M., Nasution, N. A., Fatimah, T., & Sitepu, Y. R. (2022). Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di MAS Sabilal Akhyar Binjai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 136-140.
[4] Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen , 266-278.
[5] Arianty, N., & MD, M. (2019). Strategi Pemasaran Susu Kedelai Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Seminar Nasional Kewirausahaan (pp. 257-264). Sumatera Utara: PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan , Inovasi dan Inkubator Bisnis ).
[6] Arsil, A., & Herianto, H. (2021). Langkah-langkah Uji Validitas Reabilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS. OSF Preprints, 1-8.
[7] Bate’e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. JESYA (Jurnal Ekonomi & Syariah), 313-324.
[8] Cahyono, Y., Suryani, P., & Elvandari, N. (2020). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. VISTA BANGUN PROPERTINDO. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1-23.
[9] Desillie, A., & Suhendra. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 1-7.
[10] Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Jurnal Salimiya, 194-211.
[11] Firdaus, M. F., & Umar, T. M. (2022). Pengaruh Kuliah Online terhadap Semangat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Journalism, 55-59.
[12] Hasimi, D. M. (2020). Analisis Program Bantuan Pangan Non Tunai (Bpnt) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 81-94.
[13] Isvandiari, A., & Fuadah, L. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap KinerjaKaryawan Bagian ProduksiPG.Meritjan Kediri. Jurnal JIBEKA, Volume 11 No. 1 , 1-8.
[14] Kaligis, D. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran Yang Dimoderasi Oleh Lingkungan Persaingan. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran, 199-213.
[15] Kartini, Sinurat, A., & Napitu, U. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Guru di SDN 091561Afd.A Pagar Jawa. Journal on Education, 14235-14240.
Published
2023-08-05