Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi IKEA di Kota Bandung

  • Salma Nurul Faza Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Elly Halimatusadiah Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract. The development of technology allows consumers to use online applications to purchase goods. The IKEA company provides this convenience by providing a virtual transaction method. The determining factors for customer satisfaction are the services and information provided by the company. This study aims to show the effect of service quality and information quality on customer satisfaction of IKEA application users in Bandung City. Using a descriptive method with a quantitative approach as a research method. The data source for this research is primary. The selected population is consumers who use the IKEA application in Bandung City. Non-probability sampling technique, namely purposive sampling, was taken in determining the sample by selecting based on the characteristics of at least 1 transaction and domiciled in Bandung City. Resulting in a sample of 212 respondents. The results of the data instrument test are valid and reliable. Based on the test results, it shows that: 1) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction of IKEA application users in Bandung City and 2) information quality has a significant positive effect on customer satisfaction of IKEA application users in Bandung City.

Abstrak. Perkembangan teknologi membuat konsumen dapat menggunakan aplikasi secara online untuk melakukan pembelian barang. Perusahaan IKEA memberikan kemudahan tersebut dengan menyediakan metode transaksi secara virtual. Adapun faktor penentu kepuasan konsumen yaitu pelayanan dan informasi yang diberikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi IKEA di Kota Bandung. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sebagai metode penelitian. Sumber data penelitian ini adalah primer. Populasi yang dipilih adalah konsumen yang menggunakan aplikasi IKEA di Kota Bandung. Teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling diambil dalam penentuan sampel dengan pemilihan berdasarkan karakteristik minimal bertransaksi 1 kali dan berdomisili di Kota Bandung. Menghasilkan sampel sebanyak 212 responden. Hasil uji instrumen data adalah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa: 1) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi IKEA di Kota Bandung dan 2) kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi IKEA di Kota Bandung.

References

[1] Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Depok: PT.Rajagrafindo Persada.
[2] Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2), 121-126.
[3] Dimei, R. R., Halimatusadiah, E., & Nurhayati, N. (2016). Pengaruh Teknologi Informasi dan Penerapan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi (Survey pada Bank Umum Syariah di Kota Bandung). Prosiding Akuntansi, 547-555.
[4] Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
[5] Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co. Jurnal Desain Komunikasi dan Visual, Vol. 9, No. 1, pp. 73-88).
[6] Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
[7] Nurhayati, N., Halimatusadiah, E., & Fitriah, E. (2017). Model Kepuasan Muzaki Yang Dipengaruhi Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Kualitas Informasi Akuntansi. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 7(3), 789-802.
[8] Rahmawati, F. F., & Zaidiah, A. (2020, July). Perancangan Desain User Interface Lost and Found. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 1, No. 1, pp. 312-318).
[9] Rosmalasari, T. D., Lestari, M. A., Dewantoro, F., & Russel, E. (2020). Pengembangan E Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 27–32.
[10] Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Published
2023-07-29