Pengaruh Program Samsat Keliling dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

  • Muhammad Agis Ruslan Zaelani Akuntansi
  • Nunung Nurhayati
Keywords: Program Samsat Keliling, Kepuasan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor

Abstract

Abstract. One of the most significant sources of revenue for a country is taxes, yet the phenomenon of low taxpayer compliance is still prevalent. The low compliance can be attributed to the distant service centers and taxpayer dissatisfaction with the performance of tax services provided by the government, particularly regarding motor vehicle taxes. Therefore, this research aims to examine the influence of the Traveling Samsat Program and taxpayer satisfaction on compliance with motor vehicle tax obligations. The research targets 100 respondents who are motor vehicle taxpayers in the city of Bandung. The research method employed is verificative with a quantitative approach. Multiple linear regression analysis is used as the analytical tool, and the data is processed using SPSS 23 software. The primary data source utilized in this research is primary data. The sampling technique employed is non-probability sampling using convenience sampling. Hypothesis testing is conducted using simultaneous tests (F-test) and partial tests (t-test). Based on the results of the analysis, this research indicates that: 1) The Traveling Samsat Program has a significant influence on compliance with motor vehicle tax obligations, and 2) taxpayer satisfaction has a significant influence on compliance with motor vehicle tax obligations.

Abstrak. Salah satu sumber pendapatan yang paling signifikan bagi suatu negara adalah pajak, akan tetapi saat ini fenomena rendahnya kepatuhan wajib pajak masih saja sering terdengar. Rendahnya kepatuhan wajib pajak dapat disebabkan jauhnya pusat pelayanan dan tidak puasnya wajib pajak terhadap kinerja layanan pajak yang diberikan oleh pemerintah terutama pada pajak kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh Program Samsat Keliling dan kepuasan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Sasaran penelitian ini dilakukan kepada 100 responden wajib pajak kendaraan bermotor di kota bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan diolah melalui pengujian yang dilakukan pada software SPSS 23. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non-probability dengan menggunakan convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Uji Simultan (Uji F) dan Uji parsial (Uji t). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, hasil penelitiam ini menunjukan bahwa : 1) Program samsat keliling berpengaruh  signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor, 2) kepuasan wajib pajak berpengaruh  signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor.

References

Susilawati, dkk. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntansi Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Gustaviana, S. (2020). Pengaruh Program E-Samsat, Samsat Keliling, Pemutihan PKB, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dan Operasi Kepolisian Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Akuntansi, 1(1).

Sofianty, D., & Nurhayati, N. 2018. Statistik Penelitian Dengan SPSS. Universitas Islam Bandung.

Tika, Astia. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Masyarakat pada Kantor Camat Tanjungpinang Timur”, Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Dwipayana, I Made Hongki, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi, dan I Nyoman Putra Yasa. 2017. Pengaruh Program SAMSAT Corner, SAMSAT Keliling, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 8, No. 2.

Awaluddin, Ishak, Sitti Nurnaluri, dan Wa Ode Rahmi Damayanti. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, Artikel. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume II.

Published
2023-07-28