Penerapan Balanced Scorecard pada Perum Jasa Tirta II

  • Salmaa Tasya Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
  • Rini Lestari
Keywords: Balanced ScorecardBalanced Scorecard, Performance, Perum Jasa Tirta II, Kinerja

Abstract

 

Abstract. In the current era of globalization, business competition is becoming very tight because increasingly advanced technology requires companies to improve good and balanced performance in order to compete in the global scope and achieve competitive success. To make changes in this era of globalization, companies can apply a balanced scorecard in assessing company performance. The balanced scorecard is a performance measurement tool derived from the company's vision and strategy seen from four perspectives, namely financial, customer, internal business processes and learning and growth. The purpose of this study is to determine the application of the balanced scorecard by Perum Jasa Tirta II in assessing company performance. The method used in this research is a case study with a qualitative approach. The results show that Perum Jasa Tirta II has implemented a balanced scorecard in assessing company performance in accordance with the existing theory. This is supported by previous research which states that the balanced scorecard is the best measurement method for measuring company performance accurately and completely.

Abstrak. Di era globalisasi sekarang, persaingan bisnis menjadi sangat ketat karena teknologi yang semakin maju menuntut perusahaan harus meningkatkan kinerja yang baik dan seimbang agar dapat bersaing dalam ruang lingkup dunia dan mencapai keberhasilan yang kompetitif. Untuk melakukan perubahan dalam era globalisasi ini, perusahaan dapat menerapkan balanced scorecard dalam menilai kinerja perusahaan. Balanced scorecard merupakan alat ukur kinerja yang diturunkan dari visi dan strategis perusahaan yang dilihat dari empat perspektif yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan balanced scorecard yang dilakukan Perum Jasa Tirta II dalam menilai kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif.. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perum Jasa tirta II telah menerapkan balanced scorecard dalam menilai kinerja perusahaan sesuai dengan teori yang ada. Hal tersebut didukung dengan adanya penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa balanced scorecard merupakan metode pengukuran terbaik untuk mengukur kinerja perusahaan secara akurat dan utuh.

References

Fadilah, Sri. 2020. Balance Scorecard: Model Penilaian Kinerja Organisasi Untuk Organisasi Pengelolaan Zakat. Bandung: LPPM Unisba.

Febrianto. 2015. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Penerapan Balanced Scorecard. Garuda Kementerian Pendidikan Budaya.

Galib, M dan Hidayat M. Analisis Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard Pada PT. Bosowa Propertindo. Jurnal of Management & Business Vol.2 No.1, 2018.

Giannopoulos, G., et al. 2013. The Use of Balance Scorecard in Small Companies. International Journal of Business and Management. Canadian Center of Science and Education.

Harahap, I dan Dobson. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard (Pt. Jasa Marga Tbk. Surabaya – Gempol). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 2, Juni 2022.

Kaplan, Robert S. dan Norton, David P. 2000. Balance Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi dan Setyawan, Johny. 2001. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2007. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Putri, R, Lestari, R, dan Fitriah, E. 2020. Pengaruh Implementasi Balanced Scorecard terhadap Keunggulan Bersaing Perusahaan. Prosiding Akuntansi Vol 6 No 1 Februari 2020.

Rahardja, U, Yusup, M, dan Rosyifa, E. 2012. Optimalisasi Key Performance Indicators (KPI) Melalui Pendekatan Balance Scorecard Upaya Mengimplementasikan Performance Management System (PMS) Pada Perguruan Tinggi. Vol 6. No.1

Rokhim, M. Penentuan Key Performance Indicator Dengan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Teknik Industri, Vol. 18, No.02, Agustus 2017, pp. 168-175.

Sary, M.P dan Mildawati, T. Analisis Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 11, Nomor 3, Maret 2022.

Sekaran, U. and Bougie, R. (2016) Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. 7th Edition, Wiley & Sons, West Sussex.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Adiwuri, D., & Nurleli. (2022). Pengaruh Pengungkapan Akuntansi Lingkungan dan Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kinerja Lingkungan. Jurnal Riset Akuntansi, 8–15. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.670

Hardiyanti, K., & Nurcholisah, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan dan Debt Maturity Terhadap Efisiensi Investasi. Jurnal Riset Akuntansi, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1759

Mughni, M. S., & Fitriah, E. (2023). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Riset Akuntansi, 3(1), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1785

Published
2023-07-28