Pengaruh Penerapan Laporan Keuangan dan Permodalan terhadap Perkembangan UMKM

  • Muhammad Bagas Rahadian Akuntansi, Universitas Islam Bandung
  • Sri Fadilah Akuntansi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Penerapan Laporan Keuangan, Permodalan, Perkembangan UMKM

Abstract

Abstract. The purposedof this study is to determine the impact of accounting and capital utilization on the development of SMEs. The study was conducted with several micro, small and medium enterprises (MSMEs) working in the culinary industry in the cityi of Bandung. This studyl is andescriptive study using quantitative methods. The datai sources used in this study are raw data obtained through questionnaires completed by owners or employees who know or are associated with the financial statements and capital structures of several small and medium-sized enterprises (SMEs) in the culinary sector, which is still miniaturized. Bandung city. The samplingl method used in this studyi used non-probability sampling usingipurposive sampling. The sample for this study is a total of 30 individuals who are owners or employees of financial reporting or capital-related micro, small and medium enterprises (MSMEs) with micro status in the culinary industry in the city of Bandung. The method of analysis used ini this study is multiplel linear regression analysis with a significancei level of 0.05. SPSS 23 was used in the data analysis program. The research resultsl show that the application of accounting records has no impact on the development of small and medium enterprises, and capital has a significant impactton the development of small and medium enterprises.

 

Abstrak. Tujuan darinpenelitian ini adalah untuk mengetahui dampak akuntansi dan pemanfaatan modal terhadap perkembangan UKM. Kajian dilakukan terhadap beberapa pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergerakl di industri kuliner di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalami penelitian ini adalah data mentah yang diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh pemilik atau karyawan yang mengetahui atau terkait dengan laporan keuangan dan struktur permodalan beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidangl kuliner yang masih berukuran kecil. Kota Bandung. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Sampel untuk penelitian ini adalah sebanyak 30 individu yang merupakan pemilik atau karyawan bagian pelaporan keuangan atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terkait permodalan dengan status mikro di industri kuliner di kota Bandung. Metode analisis yang digunakanl dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan tingkati signifikansi 0,05. SPSS 23 digunakan dalam program analisis data. Hasil penelitiani menunjukkan bahwa penerapan pencatatan akuntansi tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah, dan permodalan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah.

References

Hardiyanti, K., & Nurcholisah, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan dan Debt Maturity Terhadap Efisiensi Investasi. Jurnal Riset Akuntansi, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jra.v3i1.1759

Sri Fadilah (2011). Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern dan “Total Quality Management” Terhadap Kinerja Organisasi.

Fahmi, I. (2011). Analisa Laporan Keuangan. ALFABETA.

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. ALFABETA.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan.

Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada.

Munawir. (2010). Analisis laporan Keuangan (keempat). Liberty.

Sadeli, M. (2002). Dasar-Dasar Akuntansi. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Warren, & Fees. (2009). Pengantar Akuntansi (D. Dian (ed.)). Salemba Empat.

Published
2023-07-26