Pengaruh Tingkat Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Sektor Pertambangan

  • Ashry Sabrina Putri Aulia Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung
  • Rini Lestari Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Keywords: Lingkungan, Kegiatan Sosial, Pengungkapan CSR

Abstract

Abstrak. Banyak kerusakan alam yang marak terjadi di Indonesia, terutama daerah di Indonesia yang dekat dengan perusahaan pertambangan, dampaknya banyak menimbulkan kerugian lingkungan serta masyarakat sekitar. Lingkungan dan masyarakat mempunyai hubungan yang saling irasional dengan perusahaan. Setiap perusahaan harus memahami tanggung jawab mereka tidak hanya terhadap pihak luar saja, namun mereka memiliki tanggung jawab lain, badan usaha harus dapat memberikan pengaruh yang positif bagi penduduk juga alma di sekitar badan usaha beroperasi. Salah satu bentuk perhatian badan usaha bagi penduduk yaitu dengan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) pembahasan dalam laporan tahunan perusahaan. Dalam melakukan kegiatan sosial tersebut perusahaan membutuhkan dana, salah satu faktor yang dapat menunjukan bagaimana keadaan financial perusahaan yaitu rasio profitabilitas dan rasio leverage. Oleh karena itu, studi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak tingkat profitabilitas dan tingkat leverage terhadap pengungkapan CSR. Metode yang tercakup pada studi ini adalah metode verivikatif melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diteliti pada penelitian ini yaitu purposive sampling maka diperoleh sampel perusahaan sektor pertambangan subsektor penghasil batubara. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dan tingkat leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. studi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat dampak profitabilitas dan tingkat leverage terhadap pengungkapan CSR. Metode yang tercakup pada studi ini adalah metode verivikatif melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diteliti pada penelitian ini yaitu purposive sampling maka diperoleh sampel perusahaan sektor pertambangan subsektor penghasil batubara. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dan tingkat leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. studi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat dampak profitabilitas dan tingkat leverage terhadap pengungkapan CSR. Metode yang tercakup pada studi ini adalah metode verivikatif melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diteliti pada penelitian ini yaitu purposive sampling maka diperoleh sampel perusahaan sektor pertambangan subsektor penghasil batubara. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dan tingkat leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diteliti pada penelitian ini yaitu purposive sampling maka diperoleh sampel perusahaan sektor pertambangan subsektor penghasil batubara. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dan tingkat leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Sampel yang diteliti pada penelitian ini yaitu purposive sampling maka diperoleh sampel perusahaan sektor pertambangan subsektor penghasil batubara. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dan tingkat leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Abstract. There is a lot of natural damage that is rife in Indonesia, especially areas in Indonesia which are close to mining companies. The environment and society have a mutually sustainable relationship with the company. Every company should be able to understand their responsibilities not only to external parties, but they have other responsibilities, companies must be able to make a positive impact on society as well as the environment in which the company operates. One form of the company's concern for the community is by carrying out a Corporate Social Responsibility (CSR) program which is disclosed in the company's annual report. In carrying out these social activities the company needs funds, one of the factors that can show how the company's financial condition is the profitability ratio and leverage ratio. Therefore, this study aims to describe how the effect of the level of profitability and the level of leverage on CSR disclosure. The type of research used is a verification method through a quantitative approach. This study uses secondary data obtained from the Indonesian Stock Exchange. The sample used in this study was purposive sampling, so a sample of mining companies was obtained in the coal-producing sub-sector. The results of this study are that the level of profitability affects CSR disclosure and the level of leverage affects CSR disclosure

References

[1] Barokah, (2020). CSR di Indonesia: Sudah Tepat atau Salah Kaprah?. https://serikatnews.com/. [14 Desember 2022].
[2] Basuki, A. T. & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. Depok: Rajagrafindo Persada.
[3] Hery. (2012). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Grasindo.
[4] Indaryanti, T., Lestari, R., & Fitriah, E. (2019). Pengungkapan Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kinerja Perusahaan. Proceedings of the International Conference on Management, Accounting, and Economy (ICMAE 2020).
[5] Kasmir (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana.
[6] Respati & Hadiprajitno (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaan, Tipe Industri, dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
[7] Yubiharto, Y., & Hastuti, N. R. (2020). Pengaruh Roa, Npm Dan Der Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Medikonis, STIE Tamansiswa 11(1), 59-70.
Published
2023-07-25